Bongko, Menu Buka Puasa Khas Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 298 2398829 bongko-menu-buka-puasa-khas-kabupaten-limapuluh-kota-sumatera-barat-cZ9IK0dUCI.jpg Bongko (Foto : Instagram/@jajanpasarkekinian)

Betapa beruntungnya Indonesia dianugerahi dengan kekayaan alam dan budaya, termasuk kuliner. Setiap daerah punya makanan khas sendiri. Bahkan, ada makanan yang hanya muncul di bulan Ramadhan, bongko misalnya.

Ya, makanan khas Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar) ini paling ditunggu-tunggu kedatangannya ketika bulan puasa tiba. Makanan khas yang kebanyakan disukai orangtua ini memiliki citarasa yang gurih dan manis. Bongko identik dengan tampilannya yang dibungkus menggunakan daun pisang.

Sayangnya, saat ini penjaja bongko sudah cukup sulit ditemukan. Akibat perkembangan zaman yang menggeser kepopuleran hal-hal tradisional termasuk makanan serta sedikit kerumitan dalam pembuatan bongko membuat eksistensinya makin terkikis.

Bongko

Meskipun begitu, bongko tetap menjadi incaran bagi masyarakat perantau yang kembali ke Lima Puluh Kota. Sebagian masyarakat tetap menjaga kelestarian bongko dengan mengenalkan dan mengajarkan cara pembuatan bongko kepada anak-anak mereka.

Baca Juga : Lomang, Makanan Khas Mandailing Paling Laris Manis saat Ramadhan

Baca Juga : Resep Karedok, Kuliner Khas Sunda untuk Santapan Berbuka Puasa

Bongko adalah makanan yang diolah dari tepung beras, pandan, dan disajikan dengan kuah gula merah. Adonan tepung beras diaduk seperti membuat bubur yang diwarnai dengan daun pandan, sehingga berwarna hijau.

Kemudian, adonan bongko dibungkus dengan daun pisang yang diberi kuah gula merah yang dicairkan dengan santan, dikukus selama beberapa menit. Meskipun demikian Bongko juga bisa dinikmati bersama makanan lain salah satunya lamang atau lemang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini