8 Manfaat Rutin Makan Kurma saat Sahur dan Buka Puasa

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 298 2398856 8-manfaat-rutin-makan-kurma-saat-sahur-dan-buka-puasa-9behCd19th.jpg Ilustrasi buah kurma. (Foto: Freepik)

KURMA merupakan buah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam untuk dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. Rasa kurma yang manis dapat membuat energi tubuh meningkat.

Rutin mengonsumsi kurma saat bulan puasa ternyata bagus untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat itu? Ini daftarnya, seperti dirangkum dari laman Dailysabah, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Makan Sahur Sampai 2 Piring, Ini Bahayanya Menurut Dokter Nadia Alaydrus 

1. Membuat lebih cepat kenyang

Kurma merupakan buah yang tinggi kandungan serat. Kandungan serat ini dapat menarik air dan meningkatkan fluiditas isi perut, sehingga memperlambat munculnya rasa lapar pada perut serta memberikan rasa kenyang. Dengan ini, kurma sangat cocok dikonsumsi saat sahur.

Kurma menu sehat saat Ramadhan. (Foto: Freepik)

2. Membentuk kekebalan tubuh

Kurma mengandung beta-glukannya yang merupakan polisakarida, jenis karbohidrat yang lebih baik dan lebih kompleks. Kurma juga mengandung senyawa fenolik dan karotenoid dalam jumlah tinggi yang baik untuk melawan kanker yang hebat. Lalu mengandung vitamin yang berperan dalam mendukung sistem kekebalan tubuh karena efek antimikroba dan sifat antioksidannya.

3. Mengurangi rasa ingin mengonsumsi gula

Dengan rasa yang khas dan kaya manis, kurma bisa menjadi pilihan tepat untuk semua kebutuhan makanan penutup serta sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan pengganti gula.

Baca juga: Benarkah Nasi Bukan Menu Sahur yang Baik untuk Anak? 

4. Mencegah sembelit

Kurma yang mengandung serat tinggi sangat baik untuk pencernaan tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat makanan dapat meningkatkan volume tinja dan mempersingkat waktu transit usus, sehingga dapat membantu mencegah sembelit. Di bulan Ramadhan, kandungan serat yang kaya pada kurma bagus untuk membantu pencernaan.

5. Baik untuk jantung

Kurma mengandung sumber potasium yang sangat baik, dan mengandung mineral penting yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kalium berfungsi dalam memastikan konduksi saraf, mengatur denyut nadi dan tekanan darah pada tubuh.

6. Menjaga kesehatan mata

Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kurma adalah sumber zeaxanthin dan lutein yang kuat. Ini merupakan jenis karotenoid yang ada di jaringan mata dan memiliki sifat antioksidan. Senyawa tersebut bermanfaat dalam mencegah perkembangan katarak dan degenerasi makula pada individu lanjut usia.

Baca juga: Puasa Ramadhan Bisa Cegah Kanker? Ini Penjelasan Dokter 

7. Menjaga sistem saraf dan energi

Kurma mengandung vitamin B1, vitamin B2, dan niasin (B3) dalam kadar sedang, serta vitamin B6 yang dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan vitamin B harian. Vitamin B terkait dengan metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak, yang dapat meningkatkan energi dari nutrisi. Vitamin B juga berperan penting dalam fungsi sistem saraf yang sehat.

8. Menjaga kesehatan tulang

Kurma mengandung mineral yang tinggi kalsium. Kalsium dan fosfor adalah dua mineral yang baik untuk melindungi kesehatan tulang dan penyerapannya meningkat jika dikonsumsi bersamaan. Mengonsumsi setiap hari kurma yang mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, seng, dan fosfor dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah kondisi seperti osteoporosis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini