Timun Suri Jadi Favorit Menu Buka Puasa, Yuk Ketahui 5 Manfaatnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 11:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 298 2398895 timun-suri-jadi-favorit-menu-buka-puasa-yuk-ketahui-5-manfaatnya-BwXgM0HcCN.jpg Timun suri. (Foto: Arif Julianto/Okezone)

TIMUN suri merupakan salah satu buah yang menjadi favorit di bulan Ramadhan. Timun suri kerap dikonsumsi ketika buka puasa, karena memberikan kesegaran dan cukup efektif menghidrasi tubuh.

Timun suri diketahui punya beberapa nama seperti garden lemon, yellow cucumber, apple cucumber, budamkaya, dosakai, crystal lemon, hingga crystal apple. Timun suri termasuk kategori buah anggota suku labu-labuan.

Baca juga: 8 Manfaat Rutin Makan Kurma saat Sahur dan Buka Puasa 

Di bulan Ramadhan, buah yang punya nama ilmiah Cucumis sativus var sativus ini biasanya diolah menjadi hidangan minuman es yang segar dan manis untuk sajian berbuka puasa.

Sering dikonsumsi sebagai hidangan berbuka puasa tiap bulan Ramadhan, sebetulnya apa saja manfaat kesehatan dari buah timun suri?

Merangkum dari laman Healthbenefittimes, Kamis (22/4/2021), yuk disimak ulasan singkat lima manfaat timun suri untuk kesehatan tubuh manusia.

Timun suri. (Foto: Okezone)

1. Menghidrasi

Sebagai buah yang memiliki kandungan air sangat tinggi, daging buah timun suri pastinya memiliki manfaat bisa menghidrasi tubuh dengan baik.

2. Anti-inflamasi

Timun suri diketahui mengandung vitamin C dan caffeic acid. Ini merupakan dua zat antioksidan yang bersifat anti-inflamasi.

Baca juga: Benarkah Nasi Bukan Menu Sahur yang Baik untuk Anak? 

3. Stamina

Biji timun suri jika dikeringkan lalu dikonsumsi, disebutkan punya manfaat untuk memberikan stamina, kekuatan pada tubuh. Bahkan juga meningkatkan kualitas sperma bagi pria.

4. Meredakan sembelit

Mengonsumsi daging buah timun suri ditambah dengan asupan teratur dalam pola makan bisa membantu meredakan sembelit.

5. Asupan serat

Tidak hanya daging buahnya, kulit timun suri juga bisa dikonsumsi. Kulit timun suri bisa dimakan untuk meningkatkan asupan serat.

Baca juga: Lezatnya Lemang Tapai Khas Sumbar, Sajian Wajib untuk Buka Puasa 

Secara umum, timun suri menawarkan cukup banyak nutrisi bermanfaat bagi tubuh manusia. Mulai vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, hingga berbagai antioksidan dan bahan aktif lainnya.

Tapi jika dibandingkan sayur dan buah-buahan lainnya, timun suri sayangnya memiliki konsentrasi nutrisi yang relatif lebih rendah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini