Belum Banyak yang Tahu, Ini 7 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 298 2399156 belum-banyak-yang-tahu-ini-7-manfaat-jambu-biji-untuk-kesehatan-tubuh-b1Xo3dw7oS.jpg Jambu biji. (Foto: Freepik)

PENTING untuk menjaga sistem kekebalan tubuh di masa pandemi covid-19 ini. Salah satu cara mudah melakukannya adalah dengan menambahkan vitamin C ke menu harian Anda. Ini bisa didapat melalui buah jambu biji.

Jambu biji diketahui sangat kaya vitamin A dan C. Fungsinya untuk membantu melawan kuman dan bakteri berbahaya di dalam tubuh.

Sebagaimana dilansir dari laman Drwilliamli, Jumat (23/4/2021), berikut tujuh manfaat jambu biji untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: Deretan Buah Penting untuk Kesehatan Kulit, Sering Konsumsi Yuk 

1. Penguat imunitas

Jambu biji merupakan salah satu sumber terkaya vitamin C. Satu jambu biji mengandung dua kali lipat Recommended Daily Intake (RDI) untuk vitamin C. Itu lima kali lipat jumlah yang Anda dapatkan dari makan jeruk.

Jambu biji. (Foto: Jeswin/Freepik)

2. Mengurangi stres

Berkat vitamin C yang ditemukan dalam jambu biji, yang menghasilkan noradrenalin, Anda akan melihat peningkatan positif pada suasana hati. Jambu biji juga mengandung magnesium tingkat tinggi untuk membantu menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan semangat.

3. Menyehatkan jantung

Buah yang sederhana ini mengandung likopen tingkat tinggi. Likopen adalah pigmen karotenoid merah alami yang ditemukan dalam buah dan sayuran tertentu yang efektif mencegah jenis kanker tertentu. Ini sarat dengan vitamin yang menyeimbangkan dan mengatur kadar darah untuk membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular serta kanker.

Baca juga: Deretan Manfaat Buah Nanas, Sehatkan Kulit hingga Cegah Kanker 

4. Melawan peradangan

Manfaat kesehatan dari makan dan minum jambu biji tidak ada habisnya. Salah satu manfaat utamanya adalah membantu mengurangi peradangan di tubuh. Jambu biji kaya akan potasium dan magnesium yang membantu pemulihan otot setelah latihan yang berat.

5. Meningkatkan penglihatan

Usia terkadang membawa perubahan yang melemahkan penglihatan dan mata. Jambu biji mengandung banyak vitamin A. Tidak hanya dapat membantu menjaga penglihatan, tetapi juga membantu mencegah penyakit mata lainnya seperti katarak dan mata kering.

Baca juga: Agar Cairan Tubuh Tidak Hilang saat Puasa, Coba Konsumsi 4 Buah Ini 

6. Sifat anti-penuaan

Jambu biji dikemas dengan antioksidan dan vitamin yang membuat kulit bersinar alami. Antioksidan ini juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan membantu mencegah keriput. Berkat buah yang luar biasa ini, kulit akan terlihat lebih baik dari sebelumnya.

7. Mendukung mikrobioma

Dikemas dengan serat dan kalium, minum jus jambu biji secara teratur akan membantu membersihkan sistem pencernaan dan mendukung mikrobioma. Sifat asam jambu biji membersihkan perut sementara antioksidan seperti vitamin A dan C membersihkan kotoran.

Jambu biji.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini