Vaksin Covid-19 Covaxin Buatan India Diklaim Miliki Efikasi hingga 78%

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 481 2398963 vaksin-covid-19-covaxin-buatan-india-diklaim-miliki-efikasi-hingga-78-y07mgAcTnx.jpg Ilustrasi vaksin covid-19 Covaxin buatan India. (Foto: Jcomp/Freepik)

INDIA dilaporkan sedang mengembangkan produksi vaksin covid-19 lokal yang diberi nama Covaxin. Covaxin merupakan vaksin covid-19 yang dikembangkan oleh Indian Council of Medical Research bersama Bharat Biotech.

Mengutip dari laman Reuters, Kamis (22/4/2021), berdasarkan keterangan Kepala Dewan Riset Indian Council of Medical Research Balram Bhargava, Covaxin diklaim memiliki tingkat efikasi hingga 78 persen dalam melawan infeksi covid-19.

Baca juga: Mutasi Covid-19 Pengaruhi Efektivitas Semua Vaksin? Ini Jawaban Dokter 

"Saya sangat senang untuk menyatakan bahwa Covaxin telah menunjukkan kemanjuran hingga 78 persen dalam hasil sementara uji klinis yang kedua," kata Balram Bhargava.

Meski disebut memiliki level efikasi mencapai 78 persen, jumlah ini ternyata mengalami penurunan jika merujuk pada uji klinis yang pertama. Mengingat dalam uji klinis pertama yang dirilis pada Maret 2021, Covaxin diketahui memperlihatkan tingkat kemanjuran sampai 81 persen.

Sebagai informasi, Covaxin dari Indian Council of Medical Research dan Bharat Biotech ini merupakan satu-satunya vaksin covid-19 asal India yang dikembangkan di dalam negeri.

Baca juga: Percepat Vaksinasi Covid-19, Menkes Siap Izinkan Dokter Beri Vaksin di Rumah 

Sebelumnya pasokan vaksin covid-19 di India selama ini lebih dikenal buatan dari Serum Institute of India. Ini merupakan produsen vaksin terbesar di dunia.

Tapi ternyata, pasokan vaksin covid-19 di India tidak hanya diproduksi oleh Serum Institute of India. Sebab saat ini India diketahui juga tengah mengembangkan produksi vaksin covid-19 lokal yakni Covaxin.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini