Anak Terinfeksi Covid-19, Benarkah Sembuh Lebih Cepat dari Orang Dewasa?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 481 2399009 anak-terinfeksi-covid-19-benarkah-sembuh-lebih-cepat-dari-orang-dewasa-VYEcI4u3jH.jpg Ilustrasi anak-anak. (Foto: Prostooleh/Freepik)

ANAK-anak dianggap sebagai kelompok yang lebih kebal dari covid-19. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan mereka juga bisa terinfeksi covid-19. Dalam banyak kasus, anak-anak lebih sering mengalami gejala covid-19 ringan hingga sedang.

Lantas, apakah waktu yang diperlukan anak-anak untuk pulih dari covid-19 lebih cepat dibandingkan orang dewasa?

Baca juga: Anak Alami Gejala Covid-19, Ini Langkah yang Wajib Dilakukan Orangtua 

Konsultan respirologi anak dari Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Nastiti Kaswandani SpA(K) menjelaskan, berdasarkan data-data yang ada, waktu yang diperlukan anak-anak untuk sembuh dari covid-19 sama dengan orang dewasa.

Ilustrasi anak-anak. (Foto: Freepik)

"Meski demikian, proporsi anak yang mengalami gejala berat lebih sedikit dibandingkan orang dewasa, sehingga angka kematiannya juga lebih sedikit," ungkap dr Nastiti saat dihubungi MNC Portal, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Anak Alami Gejala Covid-19, Perlukah Dirawat Inap? 

Menurut dia, biasanya anak-anak membutuhkan waktu 10 hingga 14 hari untuk pemulihan. Nantinya anak bisa melakukan pemeriksaan ulang untuk dikonversi hasil swab test-nya apakah sudah negatif atau belum.

"Lain ceritanya jika gejala covid-19 pada anaknya berat, maka proses pemulihannya bisa lebih dari itu," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini