9 Khasiat Minyak Kayu Putih, Bisa Mencegah Bau Mulut Lho

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 481 2399145 9-khasiat-minyak-kayu-putih-bisa-mencegah-bau-mulut-lho-10HcdHc5YK.jpg Minyak kayu putih. (Foto: Kotkoa/Freepik)

MINYAK kayu putih ternyata memberikan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Minyak kayu putih bisa membantu membersihkan sinus, meredakan nyeri otot, hingga melawan stres.

Tetapi sebelum menggunakan minyak kayu putih, ketahui dahulu deretan manfaat lainnya dan bagaimana menggunakannya dengan aman serta efektif.

Sebagaimana dilansir dari laman Womenshealthmag, Jumat (23/4/2021), berikut deretan khasiat minyak kayu putih yang belum diketahui banyak orang.

Baca juga: Air Garam hingga Minyak Kayu Putih, Bahan Alami yang Efektif Obati Batuk 

1. Meredakan nyeri otot dan sendi

Minyak kayu putih bersifat anti-inflamasi, berarti dapat bekerja secara menakjubkan jika otot yang sakit diolesi setelah olahraga, atau jika menderita nyeri kronis yang disebabkan kondisi tertentu, seperti kebas atau kesemutan.

2. Meningkatkan kesehatan mental dan otak

Menghirup aroma minyak kayu putih dapat membersihkan saluran udara dan memungkinkan lebih banyak oksigen masuk ke paru-paru. Ini dapat meningkatkan energi dan meningkatkan kesehatan mental serta otak.

Minyak kayu putih.

3. Merangsang kulit kepala

Ada berbagai manfaat menggunakan minyak kayu putih untuk rambut, di antaranya adalah menstimulasi kulit kepala, melawan ketombe, dan meningkatkan elastisitas rambut. Tambahkan satu tetes ke sampo sebelum Anda menggunakannya, dan rasakan manfaatnya.

4. Mencegah bau mulut

Berkat sifat antimikroba dalam minyak kayu putih, bisa melawan bau mulut, dan digunakan sebagai obat kumur-kumur alami. Cukup tambahkan 1 hingga 2 tetes ke dalam air, berkumur, dan keluarkan.

Baca juga: Viral Hotman Paris Terapi Minyak Kayu Putih dari Teko Panas, Netizen: Awas Kena Bibir 

5. Menyembuhkan gigitan serangga

Minyak kayu putih mengandung antiseptik alami yang dapat digunakan pada gigitan serangga, bisul, luka, luka, hingga luka bakar. Ia juga memiliki sifat antimikroba yang berfungsi mencegah pertumbuhan kuman baru. Oleskan 2 hingga 3 tetes pada bola kapas bersih dan gosok area yang terkena 2 kali sehari.

6. Mengatasi ketombe

Komponen antijamur dalam minyak kayu putih memerangi malassezia jamur mirip ragi, penyebab ketombe yang paling umum. Cukup campurkan 2 hingga 4 tetes minyak kayu putih dengan 1 hingga 2 sendok makan minyak kelapa, oleskan ke kulit kepala, tunggu 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

7. Melawan stres

Aroma segar mentol dari minyak kayu putih akan membantu membangunkan dan menyegarkan indera Anda. Ini juga bakal memberikan kelegaan yang menenangkan sebelum memulai hari-hari Anda. Cukup isi botol semprot dengan air dingin dan tambahkan 5 hingga 10 tetes minyak kayu putih. Semprot dinding shower atau pancuran dan nyalakan air panas, biarkan menguap sebelum Anda masuk.

Baca juga: Dokter Larang Oleskan Minyak Kayu Putih ke Masker, Kenapa? 

8. Meredakan sakit kepala

Minyak kayu putih tidak hanya dapat meringankan sinusitis, tetapi juga meningkatkan relaksasi otot-otot wajah yang tegang. Untuk meredakan sakit kepala, cukup gulung kain basah yang bersih dan taburi dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Oleskan ke dahi, dengan fokus pada pelipis dan bagian belakang leher Anda.

9. Membantu menyembuhkan luka dan goresan

Buat pencuci antiseptik di rumah untuk luka, goresan, dan luka bakar. Tambahkan 10 tetes minyak kayu putih ke dalam 2 cangkir air dan campurkan dalam botol semprot. Semprotkan kain lembap yang bersih dan seka lukanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini