Mengenal Lanolin, Kandungan Super untuk Melawan Bibir Pecah-Pecah

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 611 2399096 mengenal-lanolin-kandungan-super-untuk-melawan-bibir-pecah-pecah-ZHcpzoxQ3W.jpg Bibir pecah-pecah (Foto: Science ABC)

Bibir pecah-pecah jadi salah satu permasalahan umum yang dialami banyak orang. Pria, wanita, baik masih remaja, dewasa muda ataupun sudah cukup berumur.

Soal bibir kering hingga pecah-pecah, begitu banyak bahan di pasaran yang diformulasikan untuk memperbaiki bibir pecah-pecah.

 bibir pecah-pecah

Tapi ada salah satu bahan paling menarik yang diyakini oleh banyak dokter kulit, yang dinilai sebagai ingredients atau kandungan bahan super solusi dari bibir pecah-pecah.

Ialah lanolin, yang seperti dijelaskan oleh Y. Claire Chang, Dokter Kulit Kosmetik dari Union Square Laser Dermatology, adalah zat lilin yang disekresikan dari kelenjar sebaceous pada kulit domba, yang mana mirip dengan sebum yang dimiliki oleh manusia, seperti dikutip Huffingtonpost, Kamis (22/4/2021).

Dokter Claire menambahkan, lanolin ini biasanya terdiri dari campuran kompleks dari waxy ester, asam lanolin dan alkohol lanolin. Dikatakan dokter kulit Dr. Stacy Chimento, dari Riverchase Dermatology, lanolin fungsi utamanya memang melembutkan kulit dan mengunci kelembapan.

“Lanolin adalah emolien yang membantu melembutkan kulit dan mempertahankan kelembapannya. Lanolin mirip dengan sebum, atau minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak kita. Itu diekstrak dari kelenjar kulit domba dan digunakan untuk melembutkan bulunya,” tambah dokter Stacy.

Lalu mengapa lanolin disebut efektif untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah? Well, karena lanolin ternyata lanolin menahan kelembapan hingga 400 kali sehingga mampu menciptakan lingkungan hidrasi yang sempurna.

Selain itu, lanolin juga punya kemampuan untuk bisa menembus penghalang kelembapan bibir untuk menyembuhkannya dari dalam. Sementara, banyak produk hanya berada di atas bibir, tidak bisa menembus dan melembapkan di bawah permukaan kulit.

Untuk kandungan di dalamnya, Dr. Stacy Chimento menyebutkan lanolin punya kandungan lemak yang sangat tinggi. Inilah yang membuat lanolin bagus untuk mengunci kelembapan ke dalam kulit dan mengurangi efek kehilangan air transepidermal, yang terjadi ketika air di dalam kulit menguap melalui pelindung kulit dan masuk ke lingkungan luar, menyebabkan kulit dehidrasi atau kering.

Kemampuan lanolin untuk menyegel kelembapan ke dalam kulit dan merawat area kering inilah membuat lanolin sangat membantu orang-orang yang punya masalah bibir pecah-pecah, membutuhkan hidrasi.

“Karena bibir kekurangan kelenjar minyaknya sendiri, lanolin dapat membantu melembutkan dan mempertahankan kelembapan. Lanolin juga telah terbukti membantu mengatasi kulit pecah-pecah, inilah kenapa lanolin banyak ditemukan sebagai kandungan di nipple cream (krim untuk puting payudara) untuk ibu menyusui dan krim diaper (krim untuk pemakaian popok) untuk bayi,” pungkas dokter Claire.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini