Ibu Hamil Bisa Terima Vaksin Covid-19 Kok

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 612 2399098 ibu-hamil-bisa-terima-vaksin-covid-19-kok-DWWQC0yYKA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PUSAT Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) diketahui baru melaporkan temuan baru terkait kehamilan dan vaksin Covid-19.

Dilapor NBC News, laporan terbesar CDC terkait vaksinasi Covid-19 menyebutkan bahwa vaksin Covid-19 aman diterima selama masa kehamilan. Meskipun, sang pemimpin studi Dr. Tom Shimabukuro, menyebutkan penelitian yang lebih komperehensif soal ini tetap masih dibutuhkan.

Studi penelitian yang dipimpin Dr. Tom Shimabukuro dari CDC tersebut mencakup informasi 35.691 orang wanita hamil di Amerika, yang berpartisipasi dalam sistem pengawasan vaksinasi berbasis smartphone dan yang menerima vaksin Moderna atau Pfizer antara mulai dari pertengahan Desember 2020 dan akhir Februari 2021.

Sebagian besar peserta yang terlibat melaporkan efek rasa nyeri di tempat suntikan, tetapi laporan soal reaksi yang lebih serius jarang terjadi. Dikatakan, tampaknya wanita hamil lebih rentan terhadap nyeri di tempat titik suntikan tetapi lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami reaksi lain dibandingkan wanita yang tidak hamil.

Di studi penelitian dari para peneliti CDC ini diketahui telah diterbitkan pada Rabu 21 April di New England Journal of Medicine tersebut dikatakan tidak ada satupun wanita hamil yang terlibat, divaksin dengan menggunakan vaksin Covid-19 dari Johnson & Johnson.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini