Tak Mau Mulut Bau? Jangan Konsumsi 4 Makanan Ini saat Sahur

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 612 2399209 tak-mau-mulut-bau-jangan-konsumsi-4-makanan-ini-saat-sahur-uGWiZqeL4Z.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BERPUASA memang bisa menyebabkan bau mulut, karena lambung tidak terisi oleh makanan dalam waktu yang lama. Tapi, selain karena asam lambung ternyata bau mulut bisa disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi loh.

Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, makanan ini perlu dihindari ketika Anda sahur. Lalu apa saja makanan itu? Berikut lima di antaranya, seperti dilansir laman news18.

Daging dan ikan

Protein daging dan ikan dipecah asam serta bakteri di dalam perut menjadi asam amino. Amonia diproduksi sebagai zat sampingan dari proses tersebut, dan ini memiliki bau tajam serta menyengat.

Amonia diserap lalu diangkut melalui aliran darah, mencapai paru-paru, kemudian mengeluarkan bau melalui mulut. Ikan khususnya dapat menyebabkan bau yang tertinggal di mulut, kecuali jika dimasak dengan rempah-rempah yang membantu mengurangi baunya sampai taraf tertentu.

Bawang bombai

Bawang bombai dan bawang putih termasuk keluarga tanaman berbunga yang dikenal sebagai allium. Seperti bawang putih, bawang bombai juga mengandung senyawa sulfur dalam jumlah tinggi. Hal ini menyebabkan bau mulut bagi mereka yang mengonsumsi bawang merah mentah. Saat dimasak, aroma dan rasa bawang yang kuat dapat dikurangi dengan merendamnya dalam air dan dengan menggunakan bumbu dan cuka.

Bawang putih

Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa sulfur dalam jumlah tinggi, dan ini memiliki bau menyengat. Mengunyah bawang putih menyebabkan bau yang bisa bertahan lama di mulut.

Menelan bawang putih atau bawang putih di dalam makanan memperpanjang bau mulut yang berasal dari perut. Sesuai penelitian, konsumsi bawang putih menyebabkan produksi senyawa belerang yang disebut alil metil sulfida, ini tidak bisa dimetabolisme oleh perut.

Makanan dan minuman yang mengandung susu

Konsumsi susu dan keju diketahui dapat menyebabkan bau mulut. Ini karena asam amino dalam produk susu dipecah oleh bakteri yang ada di gusi, lalu mengarah pada produksi senyawa belerang yang memiliki bau busuk.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini