5 Inspirasi Kue Lebaran dari Berbagai Negara, Ada yang Mirip Putri Salju!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 24 April 2021 00:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 298 2399823 5-inspirasi-kue-lebaran-dari-berbagai-negara-ada-yang-mirip-putri-salju-xRrtw8PWQy.jpg Nankhatai kue kering dari India (Foto : Cook With Manali)

Butuh inspirasi untuk membuat hidangan spesial di hari Lebaran nanti? Kalau bosan dengan kue Lebaran nastar, kastengel, putri salju, dan lidah kucing, mungkin sudah saatnya Anda berkreasi mencoba resep terbaru.

Nah, berbicara soal kue kering, sejumlah negara ternyata memiliki sajian kue kering yang diolah sesuai dengan budaya dan ciri khas mereka masing-masing. Berikut MNC Portal rangkumkan ulasannya, sebagaimana dilansir dari Times of India, Sabtu (24/4/2021).

Nankhatai, India

Kue Lebaran

Nankhatai merupakan kue kering khas India yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang menggugah selera. Untuk membuat hidangan ini, Anda hanya pelu mencampurkan tepung, garam, gula, dan mentega. Setelah itu, taburkan irisan buah kering sebagai toppingnya sebelum kue dipanggang. Nankhatai biasanya disajikan sebagai teman minum kopi atau teh.

Baca Juga : Makna di Balik Nama-Nama Kue Khas Lebaran

Baca Juga : Resep Chesee Stick Ubi Ungu untuk Lebaran, Crispy dan Lezat!

Vanillekipferl, Austria

Kue Lebaran

Kalau Indonesia punya putri salju, Austria ternyata juga memiliki olahan kue berbentuk bulan sabit yang mereka namakan Vanillekipferl. Dibandingkan putri salju, kue ini memiliki tekstur yang lebih renyah dengan sensasi rasa gurih karena terbuat dari adonan yang telah dicampurkan bubuk vanila dan gula. Vanillekipferl umumnya disajikan pada Perayaan Natal.

Paprenjak, Kroasia

Kue Lebaran

Varian kue unik selanjutnya adalah sajian paprenjak khas Kroasia. Keunikan ku ini terletak pada bentuknya yang menyerupai persegi panjang. Menurut pakar kuliner setempat, Paprenjak telah ada sejak era Rennaissance. Rasanya pun sangat unik karena terbuat dari campuran rempah-rempah seperti cengkeh, pala, kayu manis, dan lada hitam.

Polvorosa, Kolombia

Kue Lebaran

Polvorosa dianggap sebagai kue pernikahan khas Meksiko karena hanya disajikan pada perayaan tertentu dan festival-festival besar. Secara harfiah, Polvorosa memiliki arti debu, persis seperti rasanya. Kue ini terbuat dari mentega nabati, gula, garam, dan tepung serbaguna. Orang-orang Kolombia biasanya menyantap hidangan ini dengan secangkir kopi atau teh.

Kourabiedes, Yunani

Kue Lebaran

Kourabiedes adalah kue Natal khas Yunani yang memiliki tekstur lembut dan halus di bagian luarnya, tapi renyah di bagian dalamnya. Kue ini terbuat dari adonan mentega dan almon, lalu diberisa lapisan gula icing yang lezat dan menggugah selera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini