Selain Beri Banyak Nutrisi, Makan Pisang Hasilkan 4 Manfaat Luar Biasa Ini

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 21:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 298 2399882 selain-beri-banyak-nutrisi-makan-pisang-hasilkan-4-manfaat-luar-biasa-ini-cbVhE56gmM.jpg Pisang. (Foto: Giorgio Trovato/Unsplash)

PISANG adalah buah yang disukai banyak orang. Pisang termasuk buah yang sangat mudah didapat dan rasanya enak.

Memiliki nutrisi tinggi, pisang adalah pilihan sempurna untuk camilan sehat. Cukup kupas kulitnya dan Anda siap memakannya.

Namun ternyata ada lebih banyak alasan untuk mengonsumsi pisang. Berikut beberapa di antaranya, seperti dirangkum dari laman Feminaindia, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Baguskah Pisang untuk Penurunan Berat Badan? 

1. Merasa kenyang lebih lama

Pisang rendah kalori dan tinggi pati resisten, terutama yang masih mentah, bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Proporsi yang banyak dari serat ini bersama dengan yang lain adalah alasan untuk efek ini. Rasa kenyang ini berarti Anda akhirnya makan lebih sedikit kalori dengan tidak makan secara tidak perlu.

Selain itu, pati resisten keluar dari pencernaan Anda dan berakhir di usus besar, di mana menjadi makanan bagi bakteri baik di usus. Makanlah kacang-kacangan atau buah-buahan kering dengan pisang untuk camilan sehat dan mandiri.

Pisang. (Foto: Boldsky)

2. Sumber kalium yang baik

Kalium memiliki banyak manfaat kesehatan. Ini dapat mengatur keseimbangan cairan, kontraksi otot, dan sinyal saraf. Diet tinggi kalium dapat membantu mengurangi tekanan darah dan retensi air, melindungi dari stroke, dan mencegah batu ginjal. Ini adalah mineral penting namun tidak diberi kepentingan yang layak.

Pisang dikenal sebagai sumber potasium yang bagus dan dapat memberikan tubuh 10 persen dari nilai harian yang direkomendasikan. Kukus bayam dan pisang sebagai smoothie adalah sumber potasium yang kuat. Beberapa kenari yang dimasukkan ke dalam campuran ini menambah rasa yang lezat.

3. Membuat penyembuhan lebih cepat

Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang baik. Satu pisang berukuran sedang dapat menyediakan hingga 33 persen dari nilai harian vitamin. Seperti kebanyakan buah, pisang juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Nutrisi ini adalah kunci dalam produksi dan fungsi sel darah putih yang bertanggung jawab atas sistem kekebalan dan respons penyembuhan.

Kekurangan vitamin B dapat menurunkan produksi sel darah putih dalam tubuh Anda. Nutrisi dalam pisang juga meningkatkan pembentukan hemoglobin. Ini juga dikenal untuk membantu kasus anemia tertentu. Kulit dan daun pisang juga digunakan untuk menyembuhkan luka tertentu.

Baca juga: Kuliner Batang Pisang, Semula Limbah Kini Digemari hingga Luar Daerah 

4. Bagus untuk usus

Pisang membantu pencernaan yang lebih baik karena karbohidrat yang dikandungnya mudah dipecah oleh tubuh. Pisang lembut dan cukup tidak reaktif untuk dimakan jika mengalami penyakit perut, seperti muntah dan diare, serta dapat mengembalikan elektrolit yang hilang kembali ke dalam tubuh.

Pisang juga dikenal membantu meredakan sakit maag. Lalu pisang kaya akan fructooligosaccharides yang berfungsi sebagai probiotik dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Ini pada akhirnya membantu pencernaan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini