Mengenal Biji Chia, Asupan Kaya Nutrisi yang Menyehatkan Jantung

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 23:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 298 2399894 mengenal-biji-chia-asupan-kaya-nutrisi-yang-menyehatkan-jantung-Tlro48neA7.jpg Biji chia. (Foto: ValeriaLu/Pixabay)

BIJI chia merupakan jenis biji-bijian yang hampir sama dengan biji selasih. Tetapi, biji chia berasal dari tanaman Salvia hispanica sebagai nama ilmiahnya.

Biji chia biasa digunakan sebagai pelengkap masakan ataupun minuman. Walaupun bentuknya kecil, ternyata biji chia mengandung beragam manfaat yang baik untuk tubuh.

Seperti dilansir laman Healthline, Jumat (23/4/2021), berikut deretan manfaat biji chia untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: Mengonsumsi Biji Chia Bantu Turunkan Berat Badan Anda 

1. Kaya nutrisi dengan sedikit kalori

Sebanyak 1 ons biji chia setara dengan 28 gram atau sekira 2 sendok makan. Jumlah kecil ini hanya memasok 137 kalori dan 1 gram karbohidrat yang dapat dicerna oleh tubuh. Biji chia kaya serat, protein, asam lemak omega-3, dan berbagai mikronutrien.

Biji chia.

2. Mengandung antioksidan

Peneliti telah mendapati bahwa biji chia mengandung antioksidan yang dapat memberikan manfaat kesehatan. Antioksidan bisa melawan produksi radikal bebas yang dapat merusak molekul sel dan berkontribusi pada penuaan dan penyakit seperti kanker.

3. Rendah karbohidrat

Pada 1 ons biji chia mengandung 12 gram karbohidrat. Namun, 11 gram di antaranya adalah serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Serat tidak meningkatkan gula darah atau membutuhkan insulin untuk dibuang. Meskipun termasuk dalam keluarga karbohidrat, efek kesehatannya sangat berbeda dari karbohidrat yang dapat dicerna seperti pati dan gula. Dengan ini, biji chia merupakan makanan yang rendah karbohidrat.

Baca juga: Selain Beri Banyak Nutrisi, Makan Pisang Hasilkan 4 Manfaat Luar Biasa Ini 

4. Kaya protein

Biji chia mengandung sekira 14 persen protein. Ini sangat tinggi dibandingkan kebanyakan tumbuhan dan memiliki keseimbangan asam amino esensial yang baik untuk tubuh. Protein memiliki berbagai manfaat kesehatan serta protein yang merupakan nutrisi baik untuk menurunkan berat badan.

5. Menurunkan berat badan

Dengan mengonsumsi biji chia, serat larutnya menyerap banyak air dan mengembang di perut, sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang dan memperlambat penyerapan makanan. Selain itu, protein dalam biji chia bisa membantu mengurangi nafsu makan dan asupan makanan.

Baca juga: 9 Manfaat Mandi Air Dingin, Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria Lho 

6. Dapat merawat tulang

Biji chia kaya beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, fosfor, magnesium dan protein. Kandungan kalsiumnya sebanyak 18 persen dari RDI dalam 1 ons (28 gram). Biji chia merupakan sumber kalsium yang sangat baik bagi orang yang tidak mengonsumsi produk olahan susu.

7. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kandungan yang ada pada biji chia yaitu tinggi serat, protein, dan omega-3 kandungan ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji chia secara signifikan mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi yang merupakan faktor risiko kuat untuk penyakit jantung. Tetapi harus disertai dengan perubahan gaya hidup dan pola makan yang baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini