Ini Gangguan Kesehatan yang Dapat Diatasi dengan Endoskopi

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 09:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 481 2399482 ini-gangguan-kesehatan-yang-dapat-diatasi-dengan-endoskopi-bUPRT8E5D5.jpg Ilustrasi. (Foto: Peoplecreations/Freepik)

ENDOSKOPI adalah prosedur nonbedah yang digunakan untuk memeriksa saluran pencernaan seseorang. Proses endoskopi ini menggunakan tabung fleksibel dengan cahaya dan kamera yang menempel. Alhasil, tim medis bisa melihat gambar saluran pencernaan di sebuah monitor berwarna.

Pada pemeriksaan bagian atas, endoskopi akan melewati mulut, tenggorokan, dan masuk ke kerongkongan. Proses ini memungkinkan dokter untuk melihat kerongkongan, perut, dan bagian atas dari usus kecil.

Baca juga: Mengenal Endoskopi, Pengobatan Tanpa Operasi yang Selamatkan Bocah Peluit

Endoskopi juga bisa diteruskan menuju usus besar (kolon) melalui rektum untuk memeriksa bagian ini. Prosedur ini biasa disebut sigmoidoskopi atau kolonoskopi, tergantung seberapa jauh usus besar diperiksa.

Berbagai tindakan medis bisa dilakukan dengan endoskopi. "Endoskopi ini untuk banyak tindakan, bisa mengangkat daging tumbuh atau polip," ucap Dr dr Ariani Dwi Widodo SpA(K), dokter anak sekaligus ahli gastro hepatologi, Kamis 22 April 2021.

Ilustrasi rumah sakit.

Ia menambahkan endoskopi juga dapat menghentikan pendarahan. Selain itu, bisa mengambil benda yang tertelan oleh anak.

"Mengambil benda seperti koin, jarum, peniti, dan lain sebagainya bisa dengan endoskopi," jelasnya.

Baca juga: Kenali Penyebab Mimisan, seperti yang Dialami Aurel Hermansyah 

Sementara itu, endoskopi juga dapat melebarkan saluran yang menyempit. Terkadang jika ada keluhan sakit perut yang terus-menerus juga dapat ditangani dengan tindakan diagnostik agar akurat.

"Misalnya ada kuman, kita lakukan diopsi cubit nanti di bawah mikroskop kelihatan," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini