Endoskopi Aman atau Tidak? Ini Penjelasan Dokter

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 481 2399493 endoskopi-aman-atau-tidak-ini-penjelasan-dokter-iEheAJhIvD.jpg Ilustrasi. (Foto: Peoplecreations/Freepik)

ENDOSKOPI adalah sebuah prosedur medis non-operasi yang dilakukan dengan memasukkan alat khusus ke organ internal pasien. Namun masih banyak orang bertanya-tanya, apakah tindakan ini aman atau tidak?

"Tindakan ini cukup aman, relatif aman ya, lebih tidak invasif dibanding tindakan operasi," kata Dr dr Ariani Dwi Widodo SpA (K), dokter anak sekaligus ahli gastro hepatologi, Kamis 22 April 2021.

Baca juga: Ini Gangguan Kesehatan yang Dapat Diatasi dengan Endoskopi 

Ia menambahkan, diagnostik yang tidak melakukan intervensi ini dilakukan hanya 5 menit dan sudah selesai, paling lama 10 menit. Sebab, endoskopi bukan tindakan besar.

Tindakan medis operasi. (Foto: Peoplecreations/Freepik)

"Itu sangat ringan, dan tidak melukai, kecuali kalau kita perlu melakukan biopsi," jelasnya.

Baca juga: Mengenal Endoskopi, Pengobatan Tanpa Operasi yang Selamatkan Bocah Peluit 

Ariani mengatakan, tujuan endoskopi adalah untuk diagnosis. Oleh karena itu, kalau ada yang mencurigakan, "dicubit" kecil saja 1 milimeter. Selanjutnya nanti diliat di bawah mikroskop.

"Apa yang terjadi, apa itu alergi, apakah itu kuman, apakah itu peradangan yang hebat, nah itu kita bisa lihat dengan alat tersebut," ucapnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini