5 Efek Berbahaya Menggunakan Earphone Setiap Hari

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 481 2399865 5-efek-berbahaya-menggunakan-earphone-setiap-hari-tPQeDfZ9hH.jpg Earphone. (Rupixen/Unsplash)

GENERASI muda banyak melalui waktunya dengan menggunakan earphone yang terhubung ke smartphone-nya. Mereka bahkan menggunakan earphone setiap hari saat bekerja atau belajar.

Terlalu lama menggunakan earphone ternyata bisa menimbulkan efek berbahaya pada telinga. Apa saja dampak tersebut? Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari laman Doctorinsta, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Mengenal Berbagai Gangguan Telinga dan Penyebabnya 

1. Masalah pendengaran

Ketika terus-menerus memakai earphone dengan volume yang sangat keras, maka akan merusak gendang telinga. Faktanya bahwa suara lebih dari 90 desibel berdampak buruk bagi telinga. Ini bisa menyebabkan gangguan pendengaran yang parah atau bahkan ketulian.

Earphone. (Foto: Nakaridore/Freepik)

2. Pertukaran kuman

Mungkin tidak banyak disadari bahwa menukar earphone berarti juga terjadi pertukaran kuman dan kemungkinan infeksi telinga dengan orang tersebut. Penting membersihkan earphone sebelum menukarnya.

3. Menumpuk kuman

Spons earphone terus-menerus dipakai dan seiring waktu mulai menumpuk semua jenis kuman serta mikroba. Jadi jika tidak membersihkannya, dapat menyebabkan infeksi telinga.

Baca juga: Kotoran Telinga Bisa Mengukur Tingkat Stres Anda Lho! 

4. Tidak menyadari dunia luar

Telinga adalah organ indera yang sangat penting. Telinga membantu tubuh memiliki pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan luar. Jika terlalu lama menggunakan earphone, maka lebih rentan mengalami kecelakaan, karena indra pendengaran tidak berfungsi.

5. Kurang fokus

Suara yang terus-menerus terdengar di earphone akan mengurangi fokus indera. Jadi, terasa sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaan yang sedang dilakukan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini