9 Manfaat Mandi Air Dingin, Bisa Meningkatkan Kesuburan Pria Lho

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 481 2399876 9-manfaat-mandi-air-dingin-bisa-meningkatkan-kesuburan-pria-lho-IQMB4H3hns.jpg Ilustrasi air dingin. (Foto: Photoangel/Freepik)

MANDI air dingin mungkin terdengar kurang menarik, tetapi ternyata memiliki segudang manfaat. Mandi air dingin salah satunya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, membuat tidur berkualitas, mempercepat metabolisme, meningkatkan kesuburan, meningkatkan energi, dan bahkan membuat Anda tampak lebih menarik.

Lantas, apakah masih ada manfaat lainnya dari mandi air dingin? Berikut faktanya, seperti dirangkum dari laman 33fuel, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Mau Wajah Lebih Glowing dan Awet Muda? Coba Cuci Muka dengan Air Dingin 

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mandi air dingin dapat membantu sistem kekebalan tubuh dengan beberapa cara. Paparan air dingin memicu pelepasan norepinefrin anti-inflamasi yang bermanfaat untuk tubuh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa perenang air dingin memiliki adaptasi yang lebih baik terhadap stres oksidatif. Lalu penelitian lain menjelaskan berenang di air dingin bisa meningkatkan toleransi tubuh.

Ilustrasi air dingin. (Foto: Wirestock/Freepik)

2. Mempercepat metabolisme

Orang yang mandi air dingin setiap hari menunjukkan peningkatan metabolisme yang mengaktivasi jaringan lemak baik. Ini digunakan untuk menghasilkan panas dan melindungi dari dingin. Ini adalah jenis lemak yang dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme.

3. Meningkatkan produktivitas

Sebuah studi di Belanda telah melalukan penelitian yang melibatkan 3.000 partisipan selama 30 hari. Studi itu menemukan bahwa mereka yang tiap hari mandi dengan semburan air dingin selama 30 hingga 90 detik, 29 persen lebih produktif dibandingkan rekannya.

Baca juga: Minum Air Dingin di Cuaca Panas Malah Salah? 

4. Meningkatkan pemulihan otot

Perendaman air dingin bermanfaat untuk performa olahraga. Peredaman ini dipraktikkan secara luas oleh atlet yang membutuhkan pemulihan cepat.

5. Meningkatkan energi

Mandi air dingin merangsang sistem saraf yang bertanggung jawab atas respons tubuh terhadap bahaya. Ini memicu pelepasan hormon adrenalin yang diperlukan untuk kewaspadaan.

6. Meningkatkan kesuburan pria

Beberapa bukti menunjukkan paparan suhu air yang tinggi, seperti mandi air panas, jacuzzi, dan pancuran air panas, dapat menurunkan kesuburan pria. Testis membutuhkan air yang sejuk atau dingin untuk beroperasi secara optimal.

7. Bangun lebih awal

Terlepas dari manfaat kesehatan yang tidak terhitung jumlahnya, tidak diragukan lagi mandi air dingin membuat lebih konsentrasi. Hal itu juga membuat tubuh lebih aktif dan sehat karena sudah beraktivitas di pagi hari.

Baca juga: Minum Air Es Boleh, Tapi Jangan Kebanyakan kalau Tak Mau Kena Penyakit Ini 

8. Membuat lebih menarik

Mandi air dingin telah terbukti memperbaiki rambut dan kulit. Anda bahkan akan merasakannya, jika mandi air dingin membuat kulit menjadi lebih terawat.

9. Tidur lebih baik

Anda juga akan merasakan kualitas tidur yang lebih baik setelah mandi air dingin. Kita tahu betapa pentingnya tidur bagi atlet dan masyarakat umum. Mandi air dingin satu jam sebelum tidur akan menurunkan suhu tubuh dan menenangkan pikiran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini