Tips agar Kulit Tetap Terhidrasi Selama Puasa

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 611 2399547 tips-agar-kulit-tetap-terhidrasi-selama-puasa-mEfFjnjKNl.jpg Puasa (Foto: Diet doctor)

Melakukan ibadah puasa artinya tubuh tidak mendapatkan asupan cairan selama kurang lebih 12 jam. Hal ini dapat menyebabkan kulit kering. Terlebih di saat cuaca sedang panas, tentu akan membuat kulit Anda semakin kering.

Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kelembapan ekstra kulit Anda ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Melansir Cheers, berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan agar kulit tetap terhidrasi saat Anda sedang berpuasa.

 minum

1. Minum cukup air saat sahur dan berbuka puasa

Saat sahur dan berbuka puasa adalah kesempatan kita untuk mencukupi asupan cairan tubuh. Sumber kelembaban kulit adalah air, jadi manfaatkanlah sebaik-baiknya. Jika tubuh terhidrasi dengan baik, kelembaban kulit akan tetap terjaga.

2. Konsumsi sayur dan buah

Terkait kesehatan kulit tidak hanya mengandalkan nutrisi dari luar. Nutrisi dari dalam juga sama pentingnya. Perbanyak konsumsi buah dan sayur saat berbuka dan sahur. Buah dan sayur banyak mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk menjaga kelembaban kulit Anda.

3. Perhatikan sabun wajah Anda

Banyak yang mengira sering mencuci muka akan membersihkan kulit dengan baik. Padahal, pembersihan wajah yang berlebihan akan mengurangi kelembaban kulit. Terutama pembersih wajah yang memiliki kandungan yang cukup keras.

Perhatikan PH yang terkandung pada facial wash yang Anda gunakan. PH normal kulit wajah berkisar antara 5-6. Dengan demikian, pembersih wajah yang dipilih juga harus berada dalam kisaran pH. Jika pH tinggi bisa lebih mudah membuat kulit jadi sensitif, berjerawat, bahkan kering.

4. Gunakan pelembab

Menutrisi kulit dari luar juga sayang untuk dilewatkan. Gunakan pelembab yang cocok untuk kulit Anda. Kulit kering dan berminyak sama-sama membutuhkan pelembab. Banyak orang yang menganggap kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab, padahal itu kesalahan besar.

5. Gunakan tabir surya

Berikan perlindungan kulit wajah seoptimal mungkin. Sinar UVA dan UVB dari matahari tak hanya bisa membuat kulit kusam tapi juga bisa mempercepat gejala penuaan. Gunakan tabir surya dengan jumlah SPF sesuai aktivitas Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini