5 Cara Menyembuhkan Luka Masa Lalu, Biar Hidup Makin Bahagia

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 16:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 612 2399736 5-cara-menyembuhkan-luka-masa-lalu-biar-hidup-makin-bahagia-36LMFOrz8W.jpg Memikirkan masa lalu (Foto: Pinterest)

Melepaskan masa lalu bisa menjadi pengalaman yang menyakitkan, yang membutuhkan kesabaran. Ini adalah upaya sadar untuk melepaskan masa lalu sambil terus bergerak. Kita tidak bisa menahan diri pada kesedihan di masa lalu dan merusak kemungkinan masa depan kita.

Kita semua pernah terluka atau mengalami patah hati yang parah atau mengalami rasa sakit emosional. Hal penting untuk diingat adalah bahwa itu semua bersifat sementara dan hari-hari buruk tidak berlangsung selamanya.

Hidup terbuat seperti tangga, dari naik turun, tinggi dan rendah. Itulah yang membuat hidup layak dijalani. Melansir Pink Villa, berikut 5 cara melupakan masa lalu dan menyembuhkan diri sendiri dari masa lalu yang menyakitkan.

 hidup di masa sekarang

1. Belajar untuk hidup di masa sekarang

Belajar untuk hidup di masa sekarang dan hindari berpikir berlebihan. Hanya pikirkan hal-hal yang penting pada saat ini dan jangan khawatir tentang masa lalu atau masa depan.

Semakin sedikit pikiran yang Anda bawa ke dalam otak Anda, semakin baik pikiran itu. Cobalah untuk tidak terlalu memikirkan hal-hal yang di luar kendali Anda dan miliki kebebasan untuk memilih kebahagiaan dan pikiran yang baik.

2. Bersikaplah lembut pada diri sendiri

Belajar untuk bersikap lembut pada diri sendiri dan memilih untuk bersikap baik pada diri sendiri dan orang lain juga. Jangan mengkritik diri sendiri atau menganalisis situasi secara berlebihan.

Bersikap baik dan penuh kasih dalam kata-kata dan tindakan Anda tidak hanya dengan orang lain tetapi dengan diri Anda sendiri juga.

3. Bersabarlah dengan waktu

Sadarilah bahwa butuh waktu untuk melangkah maju. Ini adalah proses lambat yang melibatkan Anda melalui semua jenis perasaan dan emosi. Ikuti arus dan bersabarlah dengan diri Anda sendiri.

Jangan biarkan ini terikat waktu, percayalah bahwa kebahagiaan tidak terjadi dalam semalam. Butuh berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk sembuh total. Biarkan itu mengambil waktunya sendiri.

4. Gunakan waktu ini untuk fokus pada diri sendiri

Ini adalah waktu terbaik untuk memanjakan diri. Luangkan waktu untuk diri sendiri dengan memanjakan diri, melakukan hobi, atau memulai proyek yang sudah lama ingin Anda lakukan.

Lakukan hal-hal yang memberi Anda kegembiraan dan kenyamanan yang luar biasa dan mengutamakan kebutuhan Anda sendiri sebelum orang lain. Belajar untuk menjadi sedikit egois dan fokus pada kedamaian mental Anda sendiri.

5. Ekspresikan perasaan Anda

Salah satu hal terpenting yang harus dilakukan saat melanjutkan hidup adalah mengungkapkan perasaan Anda dan membiarkan diri Anda menjadi rentan. Jangan tertutup dengan perasaan Anda.

Lebih sering membicarakannya, Anda bisa mencari terapi atau bantuan profesional juga jika diperlukan, tidak ada salahnya mencoba. Apa pun yang Anda lakukan, selaraskan dengan keputusan Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini