Jangan Tunda Imunisasi Anak, Ini 4 Trik Vaksinasi di Kala Pandemi

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 612 2399761 jangan-tunda-imunisasi-anak-ini-4-trik-vaksinasi-di-kala-pandemi-OFIPjKBYEY.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MESKIPUN pandemi Covid-19, tapi imunisasi anak tidak boleh ditunda loh. vaksinasi atau imunisasi pada anak sangat penting untuk tetap dilakukan, sehingga tidak boleh sampai dilewatkan.

Prof Sri Rezeki S Hadinegoro Sp.A(K), spesialis kesehatan anak sekaligus ketua ITAGI Kementerian Kesehatan RI mejelaskan, jika imunisasi tidak dilaksanakan bisa menimbulkan peluang terjadinya KLB (kejadian luar biasa) di penyakit lain.

“Vaksin bersifat spesifik untuk penyakit tertentu, pandemi Covid-19 berdampak penurunan pada imunisasi rutin. Padahal makin banyak yang diivaksin, makin putus rantai penularan. Tiga penyakit, contohnya polio, campak, difteri itu mudah sekali jadi wabah. Jangan sampai hanya fokus pada Covid, tapi malah KLB di penyakit lain,” kata Prof Sri Rezeki.

Imunisasi

Lalu apa yang harus dilakukan orang tua agar tetap aman ketika membawa anak untuk imunisasi sesuai jadwal di masa pandemi seperti sekarang? Berikut paparan materi tips dari Prof Sri Rezeki S Hadinegoro Sp.A(K), dalam persentasi dalam gelaran konferensi pers virtual ‘Pekan Imunisasi Dunia-Pentingnya Vaksinasi di Era Covid-19’, Jumat (23/4/2021).

Atur jadwal

Sebelum datang ke rumah sakit, atur dulu jadwal kedatangan (waktu dan tanggal) agar anak tidak banyak berkumpul dengan orang lain dalam waktu yang terlalu lama.

Jaga mobilitas anak

Saat di lokasi imunisasi, anak-anak perlu dijaga mobilitasnya agar tidak berjalan mondar-mandir atau berlarian di fasilitas kesehatan.

Cari lokasi yang aman

Pilihlah rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang telah mengatur kursi ruang tunggu dengan jarak antar penunggu dengan jarak satu sampai dua meter.

Lihat juga apakah tersedia hand sanitizer di banyak tempat atau bak cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, untuk orang tuadan anak saat datang dan akan pulang. Semakin ideal, jika bisa memilih rumah sakit yang memisahkan ruang tunggu antara anak yang sakit dengan anak yang sehat.

Minimalisasi kontak

Saat di lokasi imunisasi, minimalisasi kontak fisik dengan pengunjung atau pasien lainnya. Terutama jauhi orang yang sedang batuk pilek

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini