Alyssa Soebandono Punya Trik Ajarkan Anak Prokes, Gunakan Masker Bergambar

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 612 2399808 alyssa-soebandono-punya-trik-ajarkan-anak-prokes-gunakan-masker-bergambar-8lLeXokT47.jpg Alyssa Soebandono. (Foto: Instagram)

PROTOKOL kesehatan ketat memang harus dilakukan jika kita ingin pandemi Covid-19 segera berakhir. Protokol kesehatan pun harus diterapkan tanpa terkecuali, baik orang dewasa maupun maupun anak-anak.

Memang, anak-anak termasuk kelompok yang rawan tidak hanya tertular, tapi juga menularkan virus Covid-19. Oleh karena itu, edukasi dini diperlukan untuk memberi pengertian bagi anak-anak.

Sebagai ibu, Alyssa Soebandono harus memberikan proteksi maksimal untuk 2 buah hatinya. Terlebih, di masa pandemi ini, dia bahkan mengajarkan pentingnya protokol kesehatan pada anak-anaknya.

Tentu, cara mengajarkan pentingnya protokol kesehatan yang dilakukan Alyssa Soebandoni lebih mudah dimengerti. "Kalau sama anak-anak, caranya tentu lebih santai dan pakai bahasa yang mereka pahami," kata Alyssa di Webinar, Jumat (23/4/2021).

Alyssa Subandono

Meski santai, sambungnya, anak-anak dikenalkan juga bagaimana pandemi itu sendiri dan tentang virus corona yang sedang dilawan bersama. "Sederhananya, aku ngasih tahu ke anak-anak aku kalau saat ini ada virus yang menyebar lewat udara, makanya penting pantai masker," katanya.

Nah, masker yang dipilihkan Alyssa untuk anak-anaknya pun tak biasa. "Biar anak-anak suka pakai masker, aku selalu pilihkan masker yang bergambar. Karena ada gambarnya, anak-anak jadi suka dan mau pakai masker," sambung istri Dude Herlino tersebut.

Tidak hanya soal pentingnya pakai masker, Alyssa bahkan membiasakan anak-anaknya untuk rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Sekali lagi, dia memberikan pemahaman kepada anaknya sesuai dengan anjuran dokter.

"Aku selalu bilang ke anak-anak, kalau lagi cuci tangan itu jangan buru-buru. Karena kita disuru dokter biar tetap terjaga kebersihannya, harus cuci tangan minimal 20 detik dan ada gerakannya," tutur Alyssa.

Dengan pemahaman seperti itu, kini anak-anak Alyssa dikabarkan suka sekali cuci tangan dan benar-benar melakukan cuci tangan dengan gerakan yang dianjurkan Badan Kesehatan Dunia (WHO). Untuk bisa ke tahap ini, kata Alyssa, tentu butuh waktu dan harus jadi kebiasaan.

"Karena kita kan kasih tahu ke anak-anak setiap hari. Jadi, ya, mereka juga akhirnya jadi tahu dan mau mengikuti tanpa merasa terbebani," tambahnya.

Tentang kebersihan tangan, Alyssa juga selalu membawa hand sanitizer di tas pribadi atau pun tas makan anak-anaknya. Ini menjadi barang yang cukup penting saat ini, apalagi buat anak-anak yang suka pegang apapun yang dia inginkan.

"Aku juga kasih tahu ke anak-anak kalau mereka jangan suka menyentuh muka sehabis pegang benda-benda. Alhamdulillah, anakku yang pertama paham semua dengan apa yang saya juga Dude ajarkan. Intinya harus dibiasakan dan diajak untuk paham juga kenapa dia harus melakukan kebiasaan baru ini," papar Alyssa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini