Ini Tips Aman Sholat Tarawih Berjamaah di Masa Pandemi Covid-19

Antara, Jurnalis · Sabtu 24 April 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 612 2399905 ini-tips-aman-sholat-tarawih-berjamaah-di-masa-pandemi-covid-19-GnH3zeO5HN.jpg Ilustrasi Sholat Tarawih berjamaah di masjid saat masa pandemi covid-19. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

BULAN Ramadhan 1442 hijriah sudah memasuki pekan kedua. Sejumlah ibadah pun terus dilakukan umat Islam. Selain ibadah wajib puasa, ada Sholat Tarawih berjamaah. Tapi dalam menunaikan Sholat Tarawih berjamaah di tengah pandemi covid-19, harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Ketua Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bidang Sosial dan Kemanusiaan Andy Mappaganty mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dalam pelaksanaan Sholat Tarawih berjamaah di masjid.

Baca juga: Ini Menu Buka Puasa yang Aman untuk Pasien Diabetes 

"Boleh menyelenggarakan tarawih di masjid dengan membatasi antara 30 sampai 50 persen jamaah dari isi masjid yang seharusnya, dengan persyaratan-persyaratan antara lain adalah protokol kesehatan," ungkap Andy dalam acara jumpa media secara virtual, Jumat 23 April 2021, seperti dikutip dari Antara.

Sholat Tarawih.

Ia mengingatkan masyarakat agar tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menghindari kerumunan.

Selain itu, jamaah Sholat Tarawih diminta membawa perlengkapan masing-masing dari rumah untuk meminimalisasi persebaran covid-19.

Baca juga: Jaga Kesehatan saat Puasa, Utamakan Asupan Bergizi atau Olahraga? 

Di samping itu, Andy juga menyampaikan bahwa DMI memiliki program menjaga sterilisasi masjid, salah satunya dengan menyemprotkan area-area masjid menggunakan disinfektan.

"Salah satu juga program dari Pimpinan Pusat Dewan masjid Indonesia arahan Bapak Muhammad Jusuf Kalla bahwa masjid-masjid itu kita semprot dengan disinfektan. Itu kita laksanakan dan alhamdulillah banyak sekali manfaatnya," ujarnya.

Andy juga mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan diri sendiri maupun kebersihan masjid di bulan Ramadhan, terlebih di tengah kondisi pandemi covid-19 seperti saat ini.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini