Suka Minum Kopi saat Berbuka Puasa? Ternyata Ini Dampaknya bagi Kesehatan

Farhan Amarrahman Suyono, Jurnalis · Sabtu 24 April 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 24 481 2400081 suka-minum-kopi-saat-berbuka-puasa-ternyata-ini-dampaknya-bagi-kesehatan-b11wBPAC52.jpg Es kopi (Foto : Freepik)

Sebagian orang harus mengubah kebiasaan minum kopi di pagi menjadi saat berbuka puasa selama Ramadhan. Lantas, apakah dampaknya minum kopi saat berbuka puasa bagi kesehatan?

Iman (21), seorang mahasiswa saat ditemui tim MNC Portal, baru-baru ini di kawasan Tomang Jakarta Barat menuturkan, dia memilih minum kopi di waktu berbuka puasa. Hal ini lantaran dia merasa lebih santai untuk ngopi di waktu berbuka dibandingkan saat sahur.

Minum Kopi

"Kalau pas sahur kan buru-buru, jadinya enggak sempet. Kalau pas buka waktu luangnya lebih banyak," tutur Iman.

Baca Juga : Resep Gorengan Bakwan, Menu Favorit Iis Dahlia saat Berbuka Puasa

Baca Juga : Resep Samosa Isi Ayam, Menu Takjil Enak ala Timur Tengah

Begitupun dengan seorang mahasiswi bernama Putri (22). Dia mengatakan, kebiasaan minum kopinya berubah dari pagi hari menjadi setelah waktu berbuka puasa. Dia merasa produktivitasnya dalam mengerjakan tugas meningkat setelah minum kopi.

"Kalau aku sih minum kopi habis buka, jadi engga langsung gitu biar enggak ngantuk juga kalau harus nugas" tuturnya.

Minum Kopi

Meski minum kopi di waktu berbuka puasa cukup digemari, banyak yang belum mengetahui dampak kebiasaan ini bagi kesehatan. Dr. Ray Leonard Judijanto melalui Youtube pribadinya menjelaskan, minum kopi bisa saja saat berbuka puasa, namun tidak dianjurkan bagi sebagian orang.

Salah satunya bagi penderita maag kronis. Hal ini lantaran kopi dapat memperparah penyakit maag itu sendiri.

"Kopi itu bersifat asam dan dapat meningkatkan asam lambung" jelasnya.

Ia juga menjelaskan, minum kopi saat berbuka puasa juga dapat meninkatkan dampak dari dehidrasi. "Caffein memiliki efek diuretic membuat pengeluaran cairan kita akan berlebih," ucapnya.

Kopi

Selain itu minum kopi di waktu berbuka puasa juga dapat menyebabkan hipertensi. Ia juga menegaskan, untuk beberapa orang yang mengidap beberapa kondisi kesehatan tersebut, ada baiknya menghindari kopi di waktu berbuka puasa.

Ada baiknya ketika berbuka untuk memilih makanan dan minuman yang menyehatkan bagi tubuh. Apabila tak pandai memilih makanan dan minuman saat berbuka puasa, tubuh malah kurang nyaman karena asupan yang dicerna oleh tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini