4 Langkah Jadi Orang yang Lebih Sabar, Bermanfaat saat Bulan Puasa

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Minggu 25 April 2021 07:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 24 612 2400255 4-langkah-jadi-orang-yang-lebih-sabar-bermanfaat-saat-bulan-puasa-RVh8WDUNPD.jpg Ilustrasi sabar. (Foto: Unsplash)

ILMU sains menyatakan seseorang akan lebih bahagia jika bisa bersikap sabar dalam setiap aktivitas. Sabar dan pikirkan dulu sebelum bersikap, ini akan menghindarkan dari segala keburukan.

Kebanyakan orang menginginkan kepuasan instan dan sesuatu tanpa menunggu. Mungkin sudah saatnya mencegahnya dan melatih sedikit kesabaran.

Dikutip dari laman Inc, Minggu (25/4/2021), berikut ini empat langkah untuk menjadi orang sabar, sangat berguna saat bulan puasa Ramadhan seperti sekarang.

Baca juga: Manusia Mampu Bersabar Bukan karena Kemampuannya Namun Izin Sang Khalik 

1. Buat diri menunggu

Cara terbaik untuk melatih kesabaran adalah membuat diri menunggu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menunjukkan bahwa menunggu membuat seseorang lebih bahagia dalam jangka panjang.

Mulailah dengan sesuatu yang kecil seperti menunggu beberapa menit untuk meminum milkshake, dan kemudian beralih ke sesuatu yang lebih besar. Anda akan mulai mendapatkan lebih banyak kesabaran saat berlatih.

Ilustrasi memperkuat sabar dengan berdoa. (Foto: Freepik)

2. Berhenti melakukan hal-hal yang tidak penting

Semua orang memiliki hal-hal dalam hidup yang menyita waktu. Salah satu cara mengurangi stres dari hidup adalah berhenti melakukan hal-hal itu. Luangkan beberapa menit dan lakukan evaluasi. Lihatlah jadwal dari saat bangun hingga pergi tidur lagi. Keluarkan dua atau tiga hal yang tidak penting. Saatnya belajar mengatakan "tidak" pada hal-hal yang menyebabkan stres dan membuat tidak sabar.

Baca juga: Imbalan Orang yang Bersabar Pahalanya Luas dan Tak Dapat Ditakar 

3. Perhatikan hal-hal yang membuat tidak sabar

Kebanyakan orang memiliki beberapa tugas, dan mereka melompat dari rencana yang satu ke rencana lainnya tanpa meluangkan waktu untuk menyelesaikan satu tugas terlebih dahulu. Perhatikan rencana Anda dan cari cara terbaik untuk memahaminya dengan menuliskan apa yang membuat Anda tidak sabar. Ini akan membantu Anda memperlambat dan fokus pada satu tugas pada satu waktu serta menghilangkan hal-hal yang membuat stres.

4. Santai dan tarik napas dalam

Hal terpenting adalah santai saja dan tarik napas dalam-dalam. Menarik napas dalam secara perlahan dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Ini adalah cara termudah untuk membantu meredakan perasaan tidak sabar yang dialami. Jika pernapasan kurang membantu, relaks sejenak dengan berjalan-jalan untuk menjernihkan pikiran. Ini dapat membantu memfokuskan kembali pada apa yang penting. Intinya adalah menyediakan waktu bagi Anda setiap hari untuk bersantai.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini