Anti-Lemas, Ini Rahasia Extra Fit Selama Puasa

Agustina Wulandari , Jurnalis · Minggu 25 April 2021 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 25 12 2400529 anti-lemas-ini-rahasia-extra-fit-selama-puasa-BJJri6ndsC.jpg Foto: Dok.Freepik

Berpuasa di bulan Ramadan menjadi kewajiban bagi umat muslim di seluruh dunia. Namun, sejak 2020 lalu bulan puasa terasa berbeda, karena dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga diperlukan perhatian extra untuk tubuh agar tetap fit dan imunitas tubuh terjaga, sebab mulai dari sahur hingga berbuka pastinya tubuh kekurangan cairan.

Jika kekurangan cairan, akan mengakibatkan tubuh lemas dan tak bertenaga. Sementara aktivitas sehari-hari tetap berjalan, apalagi sebagai pekerja kantoran dan mahasiswa, tentu energi akan terkuras seharian. Nah, agar kamu tetap fit seharian selama berpuasa, simak yuk tipsnya berikut ini:

1. Utamakan Sahur dengan Nutrisi yang Cukup

Sahur memang disunahkan dalam menjalankan puasa, namun sahur sangat disarankan agar asupan energi terpenuhi. Sama halnya dengan sarapan sebelum beraktivitas, sahur pun mampu memberikan tenaga extra selama sehari penuh. Asalkan sahur tidak berlebihan dan tetap memperhatikan nutrisinya ya!

Oat, beras merah, dan gandum bisa menjadi pilihan karbohidrat yang bikin kenyang lebih lama. Lalu, jangan lupa juga diimbangi dengan daging rendah lemak, telur, keju sebagai protein dan sayuran serta buah yang berperan sebagai asupan serat agar pencernaanmu tetap lancar. Nah, jangan lupa juga kamu bisa browsing menu sehat dan ikuti tutorial memasak menu sehat di internet.

2. Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Setelah seharian kurang cairan, maka saat berbuka dan sahur pastikan kebutuhan cairanmu tetap stabil. Nah, agar terhindar dari dehidrasi minumlah 8-12 gelas air putih setiap hari, dijamin tubuh kamu juga lebih prima dan tetap segar meski sedang berpuasa.

Butuh banget nih buat kamu yang selalu ingin mengontrol kadar cairan dalam tubuh, kamu bisa download aplikasi kesehatan agar keseimbangan cairan tetap terjaga. Dengan begitu, kamu bisa rutin mengecek kondisi tubuh kamu selama puasa.

3. Manajemen Waktu yang Baik

Berpuasa tentu membuatmu harus menyesuaikan diri dengan waktu. Berbeda dengan hari pada umumnya, hari-hari di bulan Ramadan menuntutmu tetap produktif bekerja tetapi juga harus bangun di malam hari untuk sahur.

Untuk itu, agar harimu tidak diisi dengan pekerjaan yang menumpuk dan waktu yang tidak stabil, kamu perlu mengaturnya dengan baik. Kamu bisa meluangkan waktu dan membaginya dengan mendengarkan tausiyah online agar tetap mendapatkan siraman rohani saat berpuasa.

Selain itu, kamu juga bisa menyelingi waktu dengan melakukan hobi, misalnya dengan menonton serial atau film secara online, dan yang paling penting, istirahat yang cukup sangat dibutuhkan agar tubuh kembali fresh dan bersemangat.

4. Olahraga Ringan

Tetap menggerakan tubuh sangat dibutuhkan saat berpuasa. Kamu bisa melakukan olahraga ringan di rumah menjelang berbuka puasa. Tentunya, kamu bisa menyesuaikan olahraga dengan kondisi tubuhmu, yang penting olahraga tersebut tidak terlalu lelah tetapi memberikan energi cukup agar tetap fit.

Yoga bisa menjadi solusi berolahraga. Apalagi yoga bisa dilakukan hanya di rumah saja. Sambil menunggu waktu berbuka, yoga jadi pilihan ngabuburit paling asyik.

Nah, kamu bisa mengikuti gerakan yoga melalui YouTube. Jadi, nggak perlu repot ke luar rumah, cuma dengan di rumah dan tetap bergerak kamu bisa menciptakan tubuh yang bugar dan fresh selama puasa.

Nahh, biar kamu lebih lancar streamingnya, pastikan kamu pakai Smartfren Unlimited. Kenapa? karena Smartfren Unlimited memberikan kamu jaminan internet setiap hari 24 jam di semua aplikasi dan bisa digunakan di mana aja dan kapan aja. Harganya ga perlu khawatir mulai Rp20 ribu, kamu udah bisa internetan lancar di jaringan 100% Smartfren.

Bukan hanya itu aja, kini juga dilengkapi dengan Extra Unlimited Malam Full Speed yang bisa dinikmati mulai jam 01.00 – 05.00 WIB. Jadi, kamu bisa internetan sepuasnya dan sahur kamu jadi extra.

Manfaatkan untuk melakukan hal-hal berfaedah, misalnya kamu bisa streaming kreasi menu sahur, video call bareng keluarga, mabar bareng teman. Yuk, pakai Smartfren Unlimited yang banyak extranya biar #RamadanExtraFaedah.

Foto: Dok.Instagram @smartfrenworld

Smartfren juga ngajakin kita untuk menyebarkan kebaikan dengan membuat konten extra faedah. Eitss, tenang ini hadiahnya extra banget. Ada PS 5, iPhone 12, Kamera Mirrorless, Merchandise Kokreasi Ramadan, dan masih banyak lagi.

Caranya mudah kok, kamu tinggal upload konten extra faedah versi kamu, jangan lupa untuk follow dan mention @smartfrenworld serta gunakan tagar #RamadanExtraFaedah #UnlimitedBisaSemua.

Langsung aja kamu ikutan, cek selengkapnya di www.extrafaedah.com !

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini