Ini Menu Makanan yang Bisa Bikin Pasien Hipertensi Lancar Puasa Ramadhan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 25 April 2021 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 25 481 2400419 ini-menu-makanan-yang-bisa-bikin-pasien-hipertensi-lancar-puasa-ramadhan-ppG4qzWorD.jpg Ilustrasi pasien hipertensi. (Foto: Prostooleh/Freepik)

PASIEN hipertensi atau darah tinggi kerap menanyakan makanan yang baik dikonsumsi ketika bulan puasa Ramadhan. Ini demi membuat mereka lancar menjalankan ibadah puasa tersebut. Makanan yang dikonsumsi memang menjadi perhatian para penderita hipertensi, sebab jika tidak diperhatikan akan menimbulkan masalah kesehatan yang lebih parah, salah satunya penyakit jantung.

Perubahan pola hidup dan konsumsi makanan pun disebut bisa membantu menurunkan tingkat tekanan darah ke angka optimal dan mengurangi risiko penyakit jantung. Nah, pasien hipertensi yang ingin menjalankan ibadah puasa bisa mulai mengonsumsi lima makanan sehat berikut, seperti dirangkum dari laman Healthline.

Baca juga: Segar dan Menyehatkan, 3 Minuman Khas Binjai Ini Cocok untuk Buka Puasa 

1. Wortel

Wortel mengandung senyawa fenolik tinggi, di antaranya asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi yang melibatkan 2.195 orang berusia 40 hingga 59 tahun menemukan bahwa asupan wortel mentah secara signifikan dikaitkan dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.

Wortel. (Foto: Freepik)

2. Seledri

Seledri adalah sayuran populer yang mungkin memiliki efek positif pada tekanan darah. Ini mengandung senyawa yang disebut phthalides, dan dapat membantu mengendurkan pembuluh darah serta menurunkan tingkat tekanan darah.

Sebuah studi mengaitkan wortel mentah dengan penurunan tekanan darah dan menemukan bahwa di antara sayuran matang yang biasa dikonsumsi, seledri yang dimasak secara signifikan bisa menurunkan tekanan darah.

Baca juga: Bolehkah Makan Gorengan saat Buka Puasa? Ini Penjelasan Dokter 

3. Yoghurt

Yoghurt adalah produk susu padat nutrisi yang dikemas dengan mineral yang membantu mengatur tekanan darah, termasuk kalium dan kalsium. Sebuah tinjauan dari 28 penelitian menemukan bahwa mengonsumsi 3 porsi yoghurt per hari dikaitkan dengan risiko tekanan darah tinggi 13 peresn lebih rendah, serta peningkatan 7 ons (200 gram) dalam asupan susu per hari dikaitkan dengan 5 persen penurunan risiko hipertensi.

4. Brokoli

Brokoli dikenal karena banyak efek menguntungkannya pada kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah Anda. Brokoli sarat dengan antioksidan flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh Anda.

Sebuah studi yang memasukkan data dari 187.453 orang menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 4 atau lebih porsi brokoli per minggu memiliki risiko tekanan darah tinggi yang lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi brokoli sebulan sekali atau kurang.

Baca juga: 4 Langkah Jadi Orang yang Lebih Sabar, Bermanfaat saat Bulan Puasa 

5. Bayam

Bayam kaya nitrat. Ini juga sarat dengan antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

Dalam sebuah penelitian terhadap 27 orang yang mengonsumsi 16,9 ons (500 ml) sup bayam nitrat tinggi setiap hari selama 7 hari mengalami penurunan SBP dan DBP dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi sup asparagus nitrat rendah. Sup bayam juga menurunkan kekakuan arteri yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Telur bayam. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini