Ide Dekorasi Kamar Anak untuk Tingkatkan Kreativitas

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Senin 26 April 2021 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 12 2400873 ide-dekorasi-kamar-anak-untuk-tingkatkan-kreativitas-lslykQMoLF.jpg Foto: Dok Freepik

Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru atau memberikan ide segar dalam memecahkan masalah. Kreativitas lebih dari sekedar keterampilan bakat bawaan. Kreativitas adalah komponen kunci kesehatan, kebahagiaan, dan keterampilan inti untuk melatih bakat dan minat anak-anak.

Kenyamanan beraktivitas di dalam rumah perlu dibangun, guna mendorong percaya diri, keberanian, dan semangat anak dalam menyelami minat dan bakatnya. Lingkungan yang nyaman tentunya juga memberikan kenyamanan bagi orangtua ketika mendampingi anak belajar, bermain, dan bersantai.

Eksplorasi tidak harus di ruang terbuka, namun Anda bisa menyediakan kamar tidur anak yang kreatif dan unik agar mereka bisa bermain dan berimajinasi. Berikut ide dekorasi kamar anak untuk tingkatkan kreativitas :

1. Kamar anak dengan wall climbing

Di era serba gadget seperti sekarang, anak-anak dikhawatirkan kekurangan aktivitas gerak fisik karena lebih suka berdiam di depan gadget. Agar anak dapat banyak melakukan aktivitas fisik meski di dalam kamar, coba buatkan sarana permainan yang seru seperti panjat dinding misalnya.

Selain meningkatkan konsentrasi, aktivitas ini pun berpotensi menambah stamina anak. Dekorasi dinding kamar anak Anda dengan memasang papan keras minimum berketebalan 15 sentimeter yang memiliki point climbing. Sebagai pengaman, tambahkan bantal-bantal pengaman di bawahnya atau kasur lantai yang empuk.

2. Berkemah dengan tenda putih

Jika anak Anda suka bertamasya dan punya jiwa petualang, bantu anak Anda mendekorasi kamarnya dengan tempat tidur berbentuk tenda yang unik. Rak kayu berbentuk serupa, menambah estetika ruang di samping sisi fungsional. Lukisan kuda pada dinding memperkuat tema koboi yang diharapkan. Sebagai penyempurna, background warna putih yang cerah memberikan kesan lega. Menciptakan kamar yang nyaman untuk tidur bahkan bermain.

3. Kamar anak dengan tempat tidur bertingkat

Belajar berbagi dapat diajarkan sejak dini, termasuk berbagi ruang dalam kamar tidur. Desain kamar dengan tempat tidur anak bertingkat dapat membantu anak untuk belajar berbagi. Selain untuk belajar berbagi,

Tidak lupa, untuk mendorong aktivitas gerak, buatlah dekorasinya seperti seolah berada di rumah pohon. Ciptakan suasana ceria dan hangat dalam sebuah ruangan melalui desain yang dapat membantu anak dalam mengeksplorasi. Jangan lupa libatkan selera anak Anda ketika memilih tema yang diinginkan. Ciptakan kamar yang mendukung tahap tumbuh kembang anak secara nyaman sekaligus mengasyikkan.

4. Kamar anak dengan dekorasi puzzle 3D

Memoo Puzzle 3D Fokker D Vii

Puzzle 3D merupakan mainan edukasi yang dapat mengasah kemampuan motorik anak. Berbeda dengan puzzle biasa yang flat, seperti namanya puzzle 3D bisa berbentuk menjadi benda tiga dimensi setelah selesai dirakit.

Dengan aneka bentuk, warna dan desain yang menarik, puzzle 3D juga bisa jadi pajangan atau dekorasi kamar yang unik. Merakit puzzle 3D juga dapat menjadi kesempatan bagi Anda sebagai orangtua untuk menjalin kerjasama dengan anak.

Butuh rekomendasi puzzle 3D yang berkualitas? ACE Indonesia punya Memoo Puzzle 3D yang mudah disusun dan terbuat dari bahan karton tebal ramah lingkungan. Ada banyak pilihan desain, mulai dari hewan hingga pesawat terbang.

Memoo Puzzle 3D Horse

5. Kamar anak dengan meja belajar

Idealnya, desain kamar tidur anak harus menyenangkan dan membuat si kecil nyaman. Tak hanya sebagai tempat beristirahat, desain kamar tidur anak juga harus mempertimbangkan pemanfaatan sebagai area bermain dan belajar.

Bekerja sama dengan anak ketika mendesain kamar tidur anak agar tahu apa yang diinginkan sangat diperlukan. Dengan melibatkannya, mereka akan merasakan hubungan yang kuat terhadap desain kamar tidur anak itu sendiri. Memperhatikan hobi dan beberapa hal lain yang menjadi kesukaannya juga sangat penting ketika mendesain kamar tidur anak.

Pasalnya, desain kamar tidur anak harus sesuai dengan karakter si anak. Untuk anak yang suka membaca dan menggambar, kamu bisa mendesain kamar tidur anak dengan meletakkan meja laptop, meja tulis, dan juga rak buku di ruangannya.

Odi Meja Lipat Laptop - Merah

Untuk memudahkan anak belajar di kamar, Anda dapat menggunakan Odi Meja Lipat Laptop. Dengan meja ini, aktivitas bekerja atau belajar menggunakan laptop menjadi lebih nyaman. Permukaan meja bisa diatur tingkat kemiringannya, disesuaikan dengan jarak pandang dan kenyamanan anak. Meja laptop ini juga bisa dilipat, sehingga lebih praktis dibawa.

Soleil Ztool Meja Anak

Tak hanya itu, ACE juga memiliki Soleil Ztool Meja Anak. Meja ini sangat cocok digunakan untuk anak ketika belajar di mana pun. Desainnya ergonomis, dilengkapi alas untuk duduk dan bagian mejanya dapat digunakan untuk menggambar atau menulis. Si kecil pun dapat dengan nyaman ketika menggunakannya. Meja ini dapat digunakan untuk pemakaian indoor maupun outdoor.

Yuk segera ciptakan dekorasi kamar anak Anda agar semakin cerdas dan kreatif dengan perlengkapan di atas. Semua kebutuhan perlengkapan rumah Anda bisa dapatkan dengan mudah di store ACE seluruh Indonesia, ACE Online dan aplikasi MISS ACE.

CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini