6 Makanan Peningkat Kekebalan Tubuh untuk Orang Berusia 40 Tahun

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Senin 26 April 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 298 2400979 6-makanan-peningkat-kekebalan-tubuh-untuk-orang-berusia-40-tahun-riBecrTE9S.jpg Ilustrasi makanan sehat peningkat kekebalan tubuh. (Foto: Pvproductions/Freepik)

SETELAH memasuki usia 40 tahun, kebutuhan nutrisi dan tingkat metabolisme harus lebih diperhatikan. Sebab, kecepatan tubuh mengubah makanan menjadi energi mengalami penurunan yang signifikan. Ini juga akan berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh.

Kemudian di tengah pandemi covid-19, para ahli kesehatan mengatakan bahwa penting meningkatkan kekebalan tubuh bagi orang-orang yang telah berusia di atas 40 tahun. Salah satunya melalui konsumsi makanan sehat.

Nah, makanan apa saja yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh orang berusia 40 tahunan? Simak daftarnya, seperti dinukil dari laman Boldsky, Senin (26/4/2021).

Baca juga: Tips Jitu Memulai Pola Makan Sehat saat Bulan Puasa 

1. Telur

Kaya akan protein dan vitamin yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan, telur didefinisikan sebagai gudang vitamin dan mineral yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda, terutama jika berusia di atas 40 tahun.

Ikan. (Foto: Topntp26/Freepik)

2. Ikan berminyak

Ikan seperti salmon dan trout mengandung lemak sehat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lemak sehat ini juga mendukung kesehatan otak, jantung, dan persendian, terutama bagi wanita di atas 40 tahun.

3. Biji chia

Sarat dengan antioksidan dan berbagai nutrisi, biji chia memiliki kemampuan unik untuk menyerap cairan dan memiliki konsistensi seperti agar-agar. Biji chia menyediakan serat, protein, lemak sehat dan mikronutrien dalam jumlah yang baik. Biji chia kaya akan antioksidan dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca juga: Ini Menu Makanan yang Bisa Bikin Pasien Hipertensi Lancar Puasa Ramadhan 

4. Yoghurt

Mengonsumsi yoghurt dapat membantu memperkuat saluran usus yang akan membantu mencegah penyakit kekebalan pencernaan seperti penyakit celiac. Yoghurt penuh dengan probiotik (bakteri baik) yang membantu menghancurkan bakteri jahat di perut dan merupakan penguat kekebalan yang bagus untuk orang dewasa yang lebih tua.

5. Bayam

Kaya vitamin C dan dikemas dengan banyak antioksidan dan beta karoten, bayam merupakan tambahan yang baik untuk diet. Bayam juga kaya akan vitamin K, yang membuat sayuran berdaun harus ditambahkan dalam makanan yang meningkatkan kekebalan, selain banyak antioksidan dan beta karoten, yang keduanya dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: 4 Makanan Sehat yang Bisa Anda Konsumsi Sebelum Divaksin Covid-19 

6. Buah jeruk

Buah-buahan tajam seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon merupakan sumber vitamin C yang kaya. Jika dikonsumsi secara teratur dan terkontrol dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan fungsinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini