5 Cara Menjaga Kesehatan Tulang, Salah Satunya Hindari Rokok

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Senin 26 April 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 481 2400908 5-cara-menjaga-kesehatan-tulang-salah-satunya-hindari-rokok-nd3qGmZecN.jpg Ilustrasi tulang. (Foto: Shutterstock)

TULANG merupakan bagian tubuh manusia yang sangat penting. Tulang dapat membuat tubuh menjadi kokoh dan dapat bergerak secara leluasa.

Oleh karena itu, tulang harus dijaga kesehatannya. Dilansir dari laman Augustahealth, Senin (26/4/2021), berikut cara menjaga kesehatan tulang.

Baca juga: Ini Deretan Makanan Penguat Tulang, Sering Konsumsi Yuk! 

1. Mengonsumsi cukup kalsium

Kalsium adalah mineral yang memiliki banyak manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Kalsium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Konsumsilah makanan seperti almond, brokoli, telur dan keju, tahu, dan kubis yang memiliki kadar kalsium yang tinggi.

Tulang punggung. (Foto: Shutterstock)

2. Mencukupi kebutuhan vitamin D

Vitamin D merupakan bagian penting untuk penyerapan kalsium dalam tubuh. Jika tidak memiliki cukup vitamin D, maka peningkagan asupan kalsium tidak akan efektif. Vitamin D bisa didapatkan dengan cara berjemur di bawah matahari pagi, atau mengonsumsi salmon, trout, tuna, jamur, dan telur.

Baca juga: 7 Manfaat Besar Konsumsi Bawang Putih, Salah Satunya Sehatkan Tulang 

3. Gerakan tubuh

Kunci untuk tulang yang kuat dan memperlambat pengeroposan tulang adalah dengan menggabungkan latihan kekuatan ke dalam rutinitas kebugaran. Kegiatan ini dapat dilakukan seperti latihan menahan beban, berjalan, menaiki tangga, dan bekerja dengan beban atau resistance band.

4. Mencukupi kebutuhan kalori tubuh

Konsumsilah kalori sehat yang cukup setiap hari. Minimal angka yang dianjurkan ialah 1.200 kalori setiap hari. Diet yang kurang dari 1.200 kalori dapaf berbahaya karena berbagai alasan, termasuk merusak kesehatan tulang. Massa otot, penyerapan vitamin dan mineral yang kurang dapat berpengaruh negatif jika tidak makan cukup kalori setiap hari.

Baca juga: Patah Tulang, Ini Pertolongan Pertama yang Perlu Anda Lakukan 

5. Hindari minuman beralkohol dan rokok

Meminum minuman beralkohol dapaf meningkatkan risiko osteoporosis. Merokok memiliki efek samping menurunkan suplai darah ke tulang. Meskipun pengeroposan tulang adalah kejadian alami seiring bertambahnya usia, tetapi hal ini dapat diperlambag perkembangannya dan mencegahnya berubah menjadi kondisi yang lebih serius seperti osteoporosis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini