Di Masa Pandemi Ini, Dokter Sarankan Cuci Hidung, Apa Manfaatnya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 26 April 2021 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 481 2400965 dokter-sarankan-cuci-hidung-apa-manfaatnya-lpfdIKDMKa.jpg Perlu cuci hidung (Foto: ENT)

Kebersihan tubuh tidak hanya yang dapat dilihat mata, tetapi area dalam pun perlu diperhatikan. Salah satu yang cukup penting adalah hidung, terlebih di kondisi pandemi Covid-19 sekarang.

Ya, hidung yang kotor tentu akan memudahkan penyakit masuk dan memicu masalah kesehatan. Pada kondisi Covid-19, memastikan hidung bersih adalah keharusan sebagai bentuk pencegahan infeksi Covid-19 yang mana salah satunya bisa terjadi di bagian hidung.

 perlu cuci hidung

"Menjaga kebersihan hidung itu penting, salah satu caranya adalah dengan cuci hidung. Karena itu, kami menyarankan semua orang, mulai dari bayi hingga lansia, baik yang sakit atau sehat, melakukan cuci hidung," terang Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Bedah Kepala Leher, dr Hemastia Manuhara Harba'i, Sp.THT-KL, dalam webinar 'Pentingnya Kebiasaan Cuci Hidung bagi Penderita Sinusitis', Senin (26/4/2021).

Dokter Hemas menyarankan, untuk yang sehat melakukan cuci hidung sehari sekali. Tapi, kalau sedang pilek atau memiliki masalah sinusitis, cuci hidung bisa dilakukan 3 kali sehari.

"Pada orang sehat, cuci hidung bisa dilakukan sebelum tidur dengan harapan, pagi hari hidung bersih dan tidak membuat Anda bersin-bersin atau hidung mampet di pagi harinya," kata dr Hemas.

Terkait dengan cairan apa yang disarankan, dr Hemas, menjelaskan bahwa cairan yang direkomendasi adalah NaCL 0,9 persen. "Cairan ini dinilai paling aman masuk ke dalam area hidung, sehingga Anda tidak merasakan nyeri saat proses penciuman. Jangan pakai air ledeng karena kesterilannya diragukan," tambahnya.

So, apa saja manfaat dari cuci hidung?

1. Membersihkan hidung dari kotoran. Semakin banyak kotoran yang menumpuk di hidung, maka napas akan susah dan risiko sinusitisnya semakin besar.

2. Mencegah timbulnya penyakit saluran napas. Ya, dengan menjaga kebersihan area hidung, ini memungkinkan aliran napas menjadi sangat baik dan karena itu risiko masalah kesehatan di area itu menjadi minim.

3. Mencegah kekambuhan alergi. Ini juga dapat didapatkan ketika Anda rutin cuci hidung. Jadi, alergi yang bisa timbul akibat banyaknya kotoran di dalam hidung dapat diminimalisir karena hidung bersih dan lembab.

"Cuci hidung itu bukan hanya membersihkan tapi melembapkan. Jadi, enggak hanya kulit tubuh dan wajah yang harus lembap, tapi hidung juga. Jangan sampai lupa, ya," terang dr Hemas.

4. Membantu penyembuhan hidung dan sinus. Dokter Hemas merekomendasikan sekali terapi cuci hidung pada pasien pilek atau sinusitis, agar gejala tidak semakin buruk. Pada pasien anak pun cuci hidung sangat bermanfaat supaya pengeluaran lendir secara alami dapat terjadi tanpa si anak merasa tidak nyaman.

5. Mengurangi penggunaan obat-obatan sintetik seperti antibiotik, antialergi, dan antiasma. Sebab, Anda sudah melakukan upaya pembersihan area hidung yang memberi manfaat pada kesehatan sistem pernapasan. Dengan begitu, konsumsi obat dapat ditekan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini