Rawat Atta yang Kembali Kena Covid-19, Ini yang Harus Dilakukan Aurel

Nurdian Iqbaludin, Jurnalis · Senin 26 April 2021 02:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 612 2400605 rawat-atta-yang-kembali-kena-covid-19-ini-yang-harus-dilakukan-aurel-hZrbvwQU7O.jpeg Atta Halilintar. (Foto: Instagram)

MESKIPUN kurva penderita Covid-19 sudah mengalami penurunan, bukan berarti protokol kesehatan yang kita lakukan lantas kendur. Kita memang harus terus menerapkan prokes ketat, meskipun sudah pernah terpapar Covid-19.

Pasalnya, bukan tidak mungkin mereka yang terpapar Covid-19, kembali terinfeksi virus tersebut. Hal inilah yang terjadi pada Atta Halilintar setelah pernikahannya dengan Aurel. Atta pun baru tahu positif lantaran ingin terbang ke Solo dan melakukan tes Swab.

Sebagai pengantin baru, Aurel pastinya ingin merawat sang suami, yang menjalani isolasi mandiri meski demikian beberapa hal yang boleh dan tidak dilakukan ketika merawat mereka yang terpapar Covid-19.

Seperti dilansir dari healthline, dr Behram Pardiwala, Dokter Penyakit Dalam, Rumah Sakit Wockhardt Mumbai Central, menjelaskan ketentuan untuk menemani isolasi mandiri pasien Covid-19.

Yang Harus Dilakukan:

- Sangat penting untuk memakai masker setiap saat di rumah.

- Pakaian pasien harus dicuci terpisah, tetapi terlebih dahulu direndam dalam disinfektan.

- Disinfeksi toilet umum setiap saat, jika tidak tersedia toilet terpisah.

- Buang bahan sekali pakai pasien dalam kantong kuning terpisah yang diberikan untuk bahan biohazard.

Tidak boleh dilakukan:

Jangan masuk ke kamar pasien Covid-positif, karena terbukti penyakit yang ditularkan melalui udara daripada penyakit yang disebabkan oleh kontak.

Selain itu, Anda juga diharapkan membersihkan tangan Anda, dan mencucinya dengan sabun dan air sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan. 

Pastikan peralatan pasien terpisah, dan dibersihkan secara menyeluruh. Jangan keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini