Begini Cara Supaya Bangun Sahur Tidak Kesiangan, Coba Yuk!

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 26 April 2021 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 612 2400952 begini-cara-supaya-bangun-sahur-tidak-kesiangan-coba-yuk-qLCqDwFrMQ.jpg Bangun sahur (Foto: Medical news today)

Saat ini umat Islam sedang menjalani ibadah puasa. Namun agar ibadah puasa dapat berjalan dengan baik, maka waktu makan sahur tidak boleh terlewati.

Kendati demikian, tak jarang kegiatan makan sahur ini menjadi luput karena telat bangun. Akibatnya Anda berpuasa tanpa sahur.

Nah, berikut ini cara agar kamu tidak kesiangan bangun sahur. Dicoba yuk!

 sahur

1. Niat

Dengan berniat dalam hati bisa membuat kamu terbangun sesuai dengan apa yang kamu rencanakan. Maka sebelum tidur, pastikan niat dalam diri untuk bangun lebih awal dan melakukan sahur ya.

2. Atur alarm

Pastikan pengaturan di alarm kamu telah disesuaikan selama bulan puasa. Selain itu, akan lebih efektif jika alarm diletakkan tidak terlalu dekat dengan posisi tidur. Jika terlalu dekat, kamu akan mudah untuk mematikannya ketika berbunyi, dan tergoda untuk tidur kembali. Lebih baik letakkan alarm di atas meja, yang membuat kita harus bangun dari kasur untuk mematikannya.

3. Perhatikan waktu tidur

Ada baiknya, kamu lebih memerhatikan jam tidurmu dengan tidak begadang atau tidak tidur di atas pukul 10 malam. Karena hal itu berisiko membuat kamu bangun kesiangan. Kamu bisa jadikan momentum ramadan untuk memperbaiki waktu tidurmu, dengan begitu kamu berikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat dengan cukup agar badan segar ketika bangun untuk sahur.

4. Siapkan menu lebih awal

Persiapkanlah bahan makanan yang ingin kamu olah untuk menu sahur terlebih dahulu pada malam hari. Jadi, ketika kamu bangun sahur, kamu tidak perlu lagi repot untuk menyiapkan menu sahur.

Cara seperti ini juga efektif unuk mengantisipasi jika suatu saat kamu bangun mendekati waktu imsak. Kamu tetap bisa masak karena bahan makanannya sudah kamu siapkan di malam hari.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini