Pandemi Tak Boleh Halangi Kita ke Dokter Gigi Loh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 26 April 2021 21:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 612 2401103 pandemi-tak-boleh-halangi-kita-ke-dokter-gigi-loh-Y8Tft5W8fc.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI Covid-19 mungkin membuat kita memilih tidak ke rumah sakit sebisa mungkin. Meski demikian, banyak hal yang tidak boleh dilewatkan selama pandemi ini.

Sebut saja imunisasi anak yang tidak boleh dilewatkan meskipun ada pandemi. Selain itu, kita seharusnya merawat gigi dan mulut, sebab bisa memengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

"Perawatan gigi dan mulut akan memengaruhi rasa percaya diri dan juga kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan," jelas Profesor Dr drg Chiquita Prahasanti Sp.Perio (K), guru besar Departemen Periodonsia Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Surabaya, seperti dikutip dari Antara.

Dokter yang juga ketua Kolegium Periodonsia Indonesia itu menganjurkan beberapa perawatan yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah lantaran hambatan untuk pergi ke dokter gigi di tengah pandemi covid-19.

Dokter GigI

"Seperti, membatasi konsumsi gula tambahan kurang dari enam sendok teh per hari, mengurangi konsumsi makanan asam, dan melakukan rutinitas perawatan diri sehari-hari misalnya penggunaan produk khusus saat menyikat gigi untuk merawat gigi sensitif," jelasnya.

Meskipun memungkinkan melakukan perawatan mandiri, menurut dia, peran ahli juga mutlak diperlukan sebab dokter gigi berperan dalam rutinitas perawatan mulut yang baik dan menyeluruh. Karenanya, dia mengimbau sekalipun di tengah pandemi, pentingnya mengunjungi dokter gigi secara teratur tidak boleh diabaikan.

"Masyarakat dapat menggunakan pelayanan dokter gigi jarak jauh atau tele-dentistry untuk mendapatkan perawatan dari para ahli," kata Prof Chiquita.

(mrt)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini