4 Manfaat Mambaca Buku Setiap Hari, Bisa Menambah Kemampuan Otak Lho

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 612 2401180 4-manfaat-mambaca-buku-setiap-hari-bisa-menambah-kemampuan-otak-lho-AGtC8Dojtw.jpg Ilustrasi membaca buku. (Foto: Twitter @aniesbaswedan)

MEMBACA bukan sekadar hiburan, tapi juga bisa membuat Anda menjadi individu yang lebih cerdas, lebih baik, dan lebih rileks. Efek positif membaca dapat dirasakan pada usia berapa pun. Bahkan sebelum dewasa, anak-anak dapat memperoleh manfaat dengan membaca secara teratur.

Mengenalkan anak-anak pada buku, majalah, dan bacaan lainnya pada usia dini adalah cara yang baik. Ini bisa mendorong mereka menjadi pembaca yang baik.

Seperti dilansir dari laman Mentalfloss, Selasa (27/4/2021), ini dia empat manfaat rajin membaca setiap hari.

Baca juga: Daftar Kebiasaan Sehat yang Wajib Diajarkan ke Anak, Salah Satunya Membaca 

1. Meningkatkan kecerdasan

Orang yang menunjukkan keterampilan membaca di masa kecil akan tumbuh menjadi pribadi lebih cerdas. Ini berdasarkan hasil temuan sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2014 yang mengukur perkembangan kognitif 1.890 pasang kembar identik.

Ilustrasi otak. (Foto: Shutterstock)

2. Membantu meningkatkan empati

Membaca buku tidak hanya membuat lebih pintar, tapi juga bisa membantu meningkatkan diri menjadi orang yang lebih baik. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2013, orang yang membaca cerita fiksi sastra lebih mudah merasakan dan berempati terhadap orang lain.

3. Membaca dapat menurunkan stres

Merasa stres di pengujung hari yang melelahkan? Membaca sebuah buku adalah cara yang baik untuk bersantai. Sebuah studi pada 2009 menemukan bahwa membaca selama 30 menit memiliki efek pengurangan stres yang sama dengan melakukan senam selama 30 menit.

Baca juga: Masih Ingin Tambah Koleksi Buku di 2021? Intip Tipsnya agar Tak Menjadi Kuning 

4. Bisa menambah kemampuan otak

Setelah selesai membaca buku, efeknya akan masih dirasakan di otak. Sebuah studi pada 2013 menemukan bahwa ketika orang membaca, otak mereka terus bekerja beberapa jam dan bahkan beberapa hari kemudian.

Otak pembaca menunjukkan peningkatan konektivitas di korteks temporal kiri wilayah yang bertanggung jawab atas penerimaan bahasa, bahkan beberapa jam setelah mereka berhenti membaca. Ini menunjukkan membaca dapat melatih pikiran dan meningkatkan fungsi saraf.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini