7 Kelebihan Memiliki Pikiran Terbuka, Wawasan pun Berkembang Pesat

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 612 2401186 7-kelebihan-memiliki-pikiran-terbuka-wawasan-pun-berkembang-pesat-kF4j0fs6IB.jpg Ilustrasi pikiran terbuka. (Foto: Shutterstock)

SAAT Anda memiliki pikiran terbuka, banyak hal positif akan didapat. Misalnya mendapat ilmu baru, lebih sabar, hingga matang dalam mengambil kesimpulan atau tindakan.

Tapi ternyata masih ada banyak kelebihan lain jika memiliki pikiran terbuka. Apa saja? Berikut tujuh di antaranya, seperti dikutip dari laman Operationmeditation, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Peneliti Gunakan Teknologi AI untuk Baca Pikiran Seseorang 

1. Wawasan berkembang pesat

Dengan pikiran terbuka, wawasan akan makin luas. Dari hanya memiliki dua kemungkinan, sekarang menjadi sekarang ratusan opsi. Pilihan Anda jadi lebih banyak dan tidak terkotak-kotak.

Ilustrasi pikiran terbuka. (Foto: Kjpargeter/Freepik)

2. Terbebas dari pikiran yang membatasi

Jika ada masalah, Anda tidak hanya melihat dari satu sisi, melainkan mempertimbangkan juga alternatif lain. Ketika mengakui ada beberapa solusi atau hasil yang mungkin, Anda membuat diri berpikir lebih luas dan objektif.

3. Perubahan dari dalam diri ke luar

Pikiran terbuka akan memberikan perubahan dari dalam diri ke luar berupa perilaku positif. Tapi sebelumnya harus mengubah pikiran dan keyakinan sebelum dapat membenahi perilaku atau tindakan.

Baca juga: Terlalu Lama Tidur Berbahaya untuk Kesehatan, Benarkah? 

4. Lebih bahagia

Ketika mencoba hal-hal baru dan menarik, saat itu pula Anda melupakan pengalaman masa lalu yang mengekang dan mulai merangkul kehidupan baru yang lebih bermanfaat. Anda akan bereksperimen dengan berbagai hal baru dan bakal memiliki lebih banyak pengalaman.

5. Lebih mudah menemukan solusi untuk masalah

Jika Anda selalu mempertimbangkan gagasan bahwa ada banyak cara efektif untuk menangani suatu masalah, maka membuka diri terhadap banyaknya pilihan adalah pemecahan masalah tersebut.

Baca juga: Manfaat Berbuat Baik bagi Kesehatan 

6. Memiliki toleransi yang lebih tinggi.

Anda memiliki kesabaran yang lebih besar terhadap orang lain. Anda terbuka terhadap fakta bahwa mereka mungkin memiliki alasan untuk berperilaku atau merasakan apa yang dilakukan.

7. Memiliki lebih banyak energi

Ketika Anda terbebas dari pikiran negatif, maka akan memiliki lebih banyak energi untuk fokus pada hal-hal penting dalam hidup, seperti keluarga, teman, dan kesehatan yang baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini