Enak Dibikin Wedang, Ternyata Ini Khasiat Kayu Secang

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 298 2401323 enak-dibikin-wedang-ternyata-ini-khasiat-kayu-secang-g80KwiGjxQ.jpg Kayu secang. (Foto: Tangkapan layar YouTube Ita Purnami)

KAYU secang sering diolah menjadi minuman kesehatan wedang secang oleh masyarakat Jawa. Selain menghangatkan badan, wedang secang ternyata menyimpan segudang khasiat lainnya yang sayang jika dilewatkan.

Kandungan bahan aktif kayu secang dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Nah, berikut deretan khasiat kayu secang untuk kesehatan tubuh manusia, seperti dirangkum dari laman healthyliving4, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: Sering Insomnia? 2 Herbal Ini Bantu Perbaiki Kualitas Tidur Selama Pandemi 

1. Anti-tumor

Tumor merupakan perkembangan jaringan sel yang tidak normal. Ada tumor yang jinak, ganas, dan bersifat kanker. Ekstrak air dari kayu secang dengan tambahan etanol 50 persen terbukti dapat menghambat perkembangan sel tumor.

Wedang secang. (Foto: Tangkapan layar YouTube Ita Purnami)

2. Anti-bakteri

Berdasarkan beberapa penelitian, kayu secang dapat meningkatkan sistem imun tubuh untuk melawan berbagai jenis bakteri. Di antaranya bakteri Basil subtilis (penyebab muntah/gastroenteritis); Staphylococcus aureus (penyebab bakteremia, endokarditis, osteomielitis dan penyakit kulit); Salmonella typhi (penyebab tifus); dan E-coli (penyebab diare dan gangguan pencernaan umum).

Baca juga: Yuk Rajin Minum Temulawak, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh 

3. Anti-inflamasi dan meningkatkan sistem imun

Kayu secang merupakan obat herbal yang dapat mencegah terhambatnya aktivitas hyaluronidase, protein yang secara genetik dirancang untuk menyebabkan peradangan. Selain itu, kandungan antioksidan brazilin dalam kayu secang dapat meningkatkan fungsi kekebalan pada mencit.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini