Kasus Covid-19 Melonjak, Orang Asing dari Wilayah India Ditolak Masuk Indonesia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 07:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 481 2401297 kasus-covid-19-melonjak-orang-asing-dari-wilayah-india-ditolak-masuk-indonesia-0qDwN4KxiR.jpg Ilustrasi antisipasi masuknya mutasi covid-19. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

INDIA sedang mengalami gelombang lanjutan terkait kasus covid-19. Diketahui bahwa kasus positif dan angka kematian akibat covid-19 di India melonjak drastis dalam beberapa pekan terakhir.

Terkait kondisi tersebut, Pemerintah Indonesia pun turut menerapkan langkah antisipasi. Sejumlah pihak terkait langsung melakukan pengawasan ketat terhadap pelaku perjalanan dari wilayah India.

Baca juga: Mutasi Covid-19 India Sudah di Indonesia, Pemerintah Perketat Aturan Masuk 

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), per 21 April 2021, India mencatat 295.041 orang positif dan 2.022 orang meninggal karena covid-19 dalam satu hari.

Beberapa faktor penyebab melonjaknya kasus covid-19 di India dipicu oleh tiga hal, yakni:

1. Mengendurkan protokol kesehatan karena kasus covid-19 sempat menurun.

2. Membiarkan kegiatan kerumunan, khususnya dalam kegiatan keagamaan.

3. Adanya mutasi virus baru, dan sudah masuk juga ke Indonesia.

Sebagaimana dikutip dari unggahan akun Instagram Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) @lawancovid19_id, Selasa (27/4/2021), mulai 24 April, dalam rangka mencegah masuknya mutasi covid-19 dari India, Pemerintah Indonesia menerbitkan kebijakan untuk menolak masuk sementara seluruh orang asing yang mempunyai riwayat perjalanan dari wilayah India dalam kurun waktu 14 hari sebelum masuk ke wilayah Indonesia.

Pemerintah Indonesia juga menghentikan sementara penerbitan visa bagi warga negara India. Sementara untuk warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah India diizinkan masuk dengan protokol kesehatan yang diperketat.

Baca juga: Menkes Budi: Belajar dari Kasus Covid-19 di India, Jangan Kendur Protokol Kesehatan 

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk terus selalu waspada dan jangan menganggap remeh covid-19 meski sudah mendapat vaksinasi.

Tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M yakni Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan Menjaga jarak.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini