Ini Kesehatan Mental dan Fisik yang Didapat dari Berkebun saat Pandemi

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 12:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 481 2401479 ini-kesehatan-mental-dan-fisik-yang-didapat-dari-berkebun-saat-pandemi-ppbquOfFbb.jpg Ilustrasi berkebun di masa pandemi covid-19. (Foto: Freepik)

TETAP bugar dan sehat sangat penting, terutama di masa pandemi covid-19 ini. Salah satu cara menjaga kesehatan bisa dengan melakukan aktivitas berkebun. Tentunya berkebun selama pandemi ini lebih baik dilakukan di dalam rumah guna mencegah persebaran wabah penyakit.

Ilmu sains sendiri telah membuktikan bahwa berkebun baik untuk kesehatan mental dan fisik. Di kala banyak aktivitas yang harus dikerjakan di rumah karena pandemi covid-19, sekarang adalah waktu yang tepat untuk berada di taman atau balkon untuk berkebun.

Baca juga: Ingin Mulai Berkebun, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan 

Ilustrasi berkebun.

Dikutip dari laman Aiph, Selasa (27/4/2021), telah dikumpulkan bukti ilmiah yang menunjukkan bagaimana berkebun dan berada di taman akan membantu tubuh tetap sehat, yakni:

1. Kebun menyediakan tempat untuk mengenal alam yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental, fungsi kognitif, dan kesejahteraan emosional.

2. Berkebun mengurangi depresi, kecemasan, obesitas dan penyakit jantung serta meningkatkan kepuasan hidup, kualitas hidup, serta rasa kebersamaan.

3. Berkebun sangat penting untuk mendukung pemulihan dari penyakit dan hanya dengan melihat kebun dapat mengurangi stres, tekanan darah, dan ketegangan otot.

Baca juga: 5 Manfaat Tidak Terduga Berkebun untuk Kesehatan Tubuh 

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini