Influencer Dilibatkan Edukasi Pentingnya Cuci Tangan, Dokter: Langkah yang Baik!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 481 2401506 influencer-dilibatkan-edukasi-pentingnya-cuci-tangan-dokter-langkah-yang-baik-HxL5jhRH9p.jpg Cuci tangan (Foto : Timesofindia)

Kebiasaan cuci tangan menjadi hal yang sangat lumrah sekarang ini di masa pandemi Covid-19. Tapi, pada kenyataannya masih belum semua orang beradaptasi dengan kebiasaan baru tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Dokter Yeni Purnamasari, GM Program Kesehatan Dompet Duafa, bahwa masih ada tantangan di lapangan untuk mengedukasi pentingnya cuci tangan.

Cuci Tangan

"Salah satu tantangannya adalah tidak adanya fasilitas cuci tangan yang memadai di wilayah ekonomi rendah. Kalau sudah begitu, upaya kami mengedukasi harus ekstra tentu misal menyediakan fasilitasnya dulu sembari terus mengedukasi," katanya dalam webinar kesehatan, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga : Pelukan Manja, Intip Gaya BCL dan Krisdayanti Lepas Rindu di Indonesian Idol

Kemudian, tantangan lain yang masih kerap dijumpai dokter Yeni adalah para pekerja, baik itu sebagai pekerja lepas atau pekerja harian, saat keluar rumah banyak yang abai dengan kebersihan tangan. Ya, mereka berinteraksi dengan orang lain atau benda tapi tidak segera cuci tangan karena lagi-lagi fasilitasnya belum memadai.

"Kalau untuk kendala ini, kami mulai sarankan agar masyarakat memiliki hand sanitizer atau hand spray sebagai alternatif upaya mencuci tangan kalau memang tak ada fasilitas air bersih dan sabun antiseptik," katanya.

Hal yang juga disorot dokter Yeni adalah belum banyak orang yang menjadikan aktivitas cuci tangan ini sebagai kebiasaan yang harus dijalankan. "Kami masih terus memproses supaya masyarakat semakin sadar pentingnya cuci tangan, karena tangan yang bersih tentu akan mencegah masuknya kuman bakteri ke dalam tubuh," tambahnya.

"Kami pun melihat semakin banyak influencer yang dilibatkan dalam upaya edukasi pentingnya cuci tangan ini. Menurut kami, itu adalah langkah yang baik, karena lewat orang-orang yang punya pengaruh itulah pesan bisa tersampaikan ke masyarakat dan harapannya, bisa menjadi pengetahuan, lalu membuat masyarakt sadar akan pentingnya cuci tangan, dan pada akhirnya bisa menjadi perilaku yang diharapkan akan terus dilakukan," papar dr Yeni.

Cuci Tangan

Sementara itu, Senior Brand Manager Personal Care PZ Cussons Indonesia, Andy Santoso menyatakan bahwa peran influencer dalam upaya edukasi pentingnya cuci tangan ini pun akan memberi nuansa 'fun' dalam menyampaikan sesuai yang penting.

"Biasanya, influencer ini akan menyampaikan pesan ke pengikutnya di media sosial dengan cara mereka dan ini diharapkan akan semakin mudah menularkan kebiasaan baik cuci tangan yang sangat penting, khususnya di masa pandemi seperti sekarang," tambah Andy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini