Mitos atau Fakta, Ngantuk di Pagi Hari saat Puasa Tanda Diabetes?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 481 2401640 mitos-atau-fakta-ngantuk-di-pagi-hari-saat-puasa-tanda-diabetes-0FI8DHGLfe.jpg Puasa (Foto: Prokerala)

Banyak dari Anda mungkin mengeluhkan ngantuk berlebih saat puasa di pagi hari. Kondisi ini kerap dikaitkan juga dengan gejala diabetes. Tapi, apakah itu benar?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam JEC Eye Hospitals and Clinics, dr Suharko Soebardim Sp.PD-KEMD, mengatakan bahwa mengalami kantuk berlebih di pagi hari, khususnya karena berpuasa Ramadhan, tidak berarti Anda mengidap diabetes.

 ngantuk

"Salah satu gejala diabetes memang merasa lesu atau kantuk berlebih. Tapi, itu bukan gejala yang kemudian langsung dapat disimpulkan seseorang mengalami diabetes," kata dr Suharko dalam webinar kesehatan, Selasa (227/4/2021).

Terlebih saat berpuasa, rasa lesu atau kantuk di pagi hari mungkin bisa karena jam tidur yang tidak utuh. Kondisi tersebut yang akhirnya membuat tubuh merasa kantuk berlebih.

Dokter Suharko mengatakan, ada gejala spesifik yang lebih penting diperhatikan untuk menentukan seseorang kemungkinan memiliki masalah diabetes. Adalah buang air kecil di malam hari.

"Kencing di malam hari cukup signifikan menandakan seseorang ada kemungkinan mengalami diabetes. Meski, pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk menegakkan diagnosisnya," ujarnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini