Penyebab Masih Banyak Nakes Belum Terima Insentif 2020

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 481 2401685 penyebab-masih-banyak-nakes-belum-terima-insentif-2020-6YAEwRqbLv.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Selama masa pandemi Covid-19 peran tenaga kesehatan (nakes) menjadi sangat penting. Mereka berjuang membantu masyarakat dalam mengatasi penyakit yang telah menelan banyak korban jiwa tersebut. Meski demikian, saat ini masih banyak tenaga kesehatan yang belum mendapatkan insentif tahunan 2020.

Plt. Kepala Badan PPSDM Kesehatan, Kirana Pritasari, menjelaskan saat ini memang masih ada beberapa fasilitas kesehatan yang belum mendaftarakan penerimaan insentif. Meski demikian, ia belum mengetahui pasti berapa jumlah faskes yang belum menerima insentif.

Petugas Medis

“Untuk jumlah yang akurat, kami harus membuka aplikasi. Tapi belum seluruh provinsi atau kabupaten kota yang menginput datanya, sehingga kami belum tahu berapa persisnya tenaga kesehatan yang sudah melakukan pelayanan dan sudah diinput,” terang Kirana, dalam sesi press conference Update Insentif Tenaga Kesehatan yang disiarkan langsung dari Channel Youtube Kemenkes, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga : 5 Gaya Novita Condro, Istri Kapten Vincent Raditya yang Dituding Selingkuh

Dalam penjelasan yang dipaparkan Kirana sebelumnya, baru 27 provinsi yang sedang dalam proses pengajuan yang jumlahnya 1.350 faskes. Dari keseluruhan pendaftar, yang sudah disetujui oleh verifikator, itu 186 faskes dari 13 provinsi. Berarti provinsi atau kabupaten kota yang lain, mereka belum melakukan penginputan.

“Ini adalah bagian dari monitoring, dan kami dari pusat akan mengingatkan daerah agar faskesnya segera menginput data ke dalam aplikasi dan segera melakukan proses pembayaran,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini