Yuk Ketahui 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit dan Rambut

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 481 2401848 yuk-ketahui-6-manfaat-lidah-buaya-untuk-kulit-dan-rambut-s2X9o5K54k.jpg Lidah buaya. (Foto: Racool Studio/Freepik)

ALOE vera atau lidah buaya adalah tanaman yang memiliki banyak khasiat. Lidah buaya sering digunakan sebagai ramuan obat yang bisa menyehatkan tubuh dari dalam, kaya nutrisi, membantu meningkatkan pencernaan, dan bahkan meningkatkan kekebalan. Lalu gelnya bisa digunakan untuk mempercantik kulit, terutama wajah dan rambut.

Namun, sebelum membahas manfaat kesehatan dari lidah buaya, mari pelajari terlebih dahulu cara mengekstraksi gelnya langsung dari tanamannya. Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya di rumah, pilih daun atau batangnya yang lebih gemuk dan potong dari pangkalnya. Bisa juga menarik daun dari bawahnya. Hati-hati karena tanaman ini berduri.

Baca juga: Lidah Buaya Bikin Wajah Cantik Alami, Bisa Jadi Obat Jerawat! 

Selanjutnya gunakan pisau tajam untuk mengiris duri dari tepi tiap daun. Kemudian potong batang menjadi dua dan biarkan gel menghadap ke atas. Gunakan sendok untuk mengikis gel ke dalam wadah. Setelah semua gel diekstraksi, langsung didinginkan.

Dikutip dari laman Pharmeasy, Rabu (28/4/2021), berikut manfaat gel lidah buaya untuk wajah, kulit, dan rambut.

Lidah buaya. (Foto: Shutterstock)

1. Mempercepat penyembuhan luka

Diketahui fakta bahwa lidah buaya sangat bermanfaat untuk luka bakar, luka sayat, dan cedera lainnya. Lidah buaya bisa mempercepat penyembuhan luka. Tanaman ini juga membantu mempercepat reproduksi sel kulit sebanyak delapan kali. Lidah buaya juga dikenal dapat menembus epidermis yaitu lapisan luar kulit lebih cepat daripada air.

2. Membantu meredakan sengatan matahari

Gel lidah buaya memiliki sifat mendinginkan dan anti-inflamasi. Ini adalah salah satu solusi paling alami untuk kulit yang terbakar sinar matahari. Mengoleskan gel ini memberikan lapisan pelindung untuk kulit dan membantu mempertahankan kelembapan. Lidah buaya kaya antioksidan dan mineral yang meningkatkan proses penyembuhan.

Baca juga: Mau Punya Kulit Mulus? Pakai Saja Masker Lidah Buaya Ini 

3. Membantu pertumbuhan rambut

Seperti reproduksi kulit, gel lidah buaya membantu mengaktifkan pertumbuhan rambut baru karena meningkatkan sirkulasi darah kulit kepala. Ini juga memberikan mineral dan vitamin penting. Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang membantu memperbaiki kulit mati di kulit kepala.

4. Melawan penuaan kulit

Gel lidah buaya mengandung vitamin C dan E, beta-karoten yang melimpah. Maka itu, gel lidah buaya memiliki sifat anti-penuaan. Tanaman ini juga mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Manfaat lainnya juga membantu menghilangkan noda kulit, mengurangi garis usia, membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan elastisitas kulit.

Baca juga: Jeruk Nipis hingga Lidah Buaya, Bahan Alami Obati Ketombe 

5. Sebagai kondisioner untuk rambut dan kulit kepala

Sama seperti pelembap kulit, lidah buaya juga membantu melembapkan rambut dan melembutkannya. Mengoleskan gel lidah buaya secara teratur ke rambut dan kulit kepala membantu menjaga kesehatan serta kilau rambut.

6. Mencegah ketombe

Gel lidah buaya membantu mengatasi kulit kering, infeksi jamur, dan kulit berminyak yang berlebihan. Semua itu adalah penyebab utama ketombe. Ini adalah salah satu cara alami untuk menghilangkan ketombe.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini