Bolehkah Balita Belajar Puasa? Ini Penjelasan Dokter

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 612 2401525 bolehkah-balita-belajar-puasa-ini-penjelasan-dokter-vp2Y0fudLl.jpg Ilustrasi balita. (Foto: Freepik)

ANAK-anak yang masih tergolong balita atau bawah lima tahun belum diwajibkan menjalankan ibadah puasa Ramadhan karena belum akil balig atau cukup umur. Tapi, orangtua bisa mulai mengajarkan puasa ke anak-anak sebagai bentuk edukasi dan pengenalan.

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang, kapan waktu ideal anak belajar puasa Ramadhan? Apakah usia di bawah 5 tahun sudah bisa atau itu terlalu dini?

Baca juga: Supaya Manfaat Puasa Terasa Maksimal, Ikuti Pola Konsumsi Ini 

Menjawab pertanyaan tersebut, dokter spesialis anak Desy Dewi Saraswati SpA menerangkan bahwa anak-anak boleh diperkenalkan dengan ibadah puasa, tapi jangan kemudian orangtua mewajibkan jika si anak belum mencapai masa pubertasnya.

"Anak-anak perlu diperkenalkan dengan ibadah puasa Ramadhan. Para orangtua bisa mengajak anak belajar puasa saat mereka sudah berusia 7 tahun," kata dr Desy dalam keterangan yang diterima MNC Portal, Selasa (27/4/2021).

Ilustrasi puasa Ramadhan. (Foto: Freepik)

Ia menerangkan, puasa pada anak sejatinya memiliki manfaat yang baik. Bukan hanya untuk tubuhnya, tapi juga baik untuk iman dan mentalnya.

Baca juga: Susu Tinggi Protein Bisa Jadi Asupan Alternatif Pasien Kanker saat Puasa 

Dokter Desy melanjutkan, manfaat berpuasa bagi anak itu sangat beragam, di antaranya tubuh si anak akan menjadi lebih sehat, jadwal makan teratur dengan baik, racun dalam tubuh terbuang, dan anak lebih disiplin khususnya soal waktu makan dan ngemil.

"Tidak hanya itu, anak yang belajar berpuasa juga akan belajar bersabar mengendalikan diri sebagai bagian dari ibadah puasa itu sendiri. Juga, berpuasa bagi anak akan melembutkan hatinya untuk mau membantu sesama, memupuk jiwa sosial tinggi pada anak, dan yang pasti dapat meningkatkan keimanan kepada Allah Subhanahu wa ta'ala," jelasnya.

Sementara dokter spesialis anak lainnya yakni dr Ayi Dilla Septarini SpA menyatakan tidak ada batasan kapan anak boleh belajar berpuasa, balita pun boleh berpuasa. Namun yang menjadi catatan di sini ialah belajar puasanya harus bertahap, tidak boleh langsung dari sahur sampai magrib.

"Pada usia 4 tahun, anak cukup hanya dilatih puasa selama 3 hingga 4 jam tanpa makan. Sedangkan usia 5 sampai 7 tahun dikategorikan sebagai usia yang cukup untuk menanamkan pengertian tentang puasa dan makanannya. Pada usia ini, anak-anak cenderung sudah mulai berpikir kritis. Inilah masa-masa paling penting dalam kehidupan mereka," paparnya.

Baca juga: Manfaat Puasa untuk Pasien Kanker Bisa Kurangi Peradangan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini