Alami Kerontokan Rambut? Coba Rajin Makan Dark Chocolate Deh

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 612 2401619 alami-kerontokan-rambut-coba-rajin-makan-dark-chocolate-deh-ergSvQGAb2.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

ALAMI rambut rontok di usia dini? Memang kerontokan rambut bisa terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Tapi, jika rambut rontok ketika masih muda tentu menjadi hal yang tidak diinginkan.

Nah, bagi kalian yang mengalami kerontokan rambut, coba deh makan dark chocolate atau cokelat hitam. Makanan ini tidak hanya lezat, tetapi juga dikenal baik bagi kesehatan. Karenanya, cokelat hitam sering dijadikan menu diet atau camilan sehat.

Dikutip dari healthline, banyak penelitian telah mengklaim bahwa dark chocolate dapat membantu meningkatkan banyak masalah tubuh, terutama yang berkaitan dengan kulit dan rambut. Jika Anda menghadapi masalah terkait rambut dan kerontokan rambut yang ekstrem, cokelat hitam bisa menjadi penyelamat Anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan beberapa hasil menarik berkaitan dengan koneksi cokelat hitam dan pertumbuhan rambut. Karena kaya akan kakao, yang mengandung proanthocyanidins, senyawa yang diketahui mendorong pertumbuhan rambut.

Dark Choco

Ketika sekelompok peneliti memberikan beberapa cokelat hitam ke sekelompok tikus, ditemukan bahwa proanthocyanidins yang ada dalam cokelat menginduksi fase anagen dari pertumbuhan rambut.

Bagi orang-orang yang tidak tahu apa-apa tentang temuan ini, inilah penjelasan anagen adalah fase pertumbuhan aktif folikel rambut di mana akar rambut berlipat ganda secara signifikan.

Cokelat hitam sangat membantu meningkatkan volume rambut dan berkat beberapa mineral kaya yang ditemukan di dalamnya, mendorong pertumbuhan sel seiring dengan meningkatnya aliran darah ke kulit kepala yang menghasilkan pertumbuhan rambut yang lebih baik.

Sementara, yang perlu Anda lakukan untuk melawan rambut kusam adalah masker rambut cokelat gelap.

Ambil saja cokelat hitam tanpa pemanis dan campur dengan madu dan yogurt. Sekarang, oleskan masker pada rambut Anda dan biarkan selama setengah jam. Cuci setelah setengah jam dan Anda akan terkejut melihat tekstur rambut Anda yang lembut dan berkilau.

Cokelat hitam juga bisa menghilangkan ketombe. Caranya, ambil sedikit bubuk coklat atau cokelat hitam dan campur dengan minyak kelapa dan teh hijau.

Campuran ini akan membersihkan kulit kepala Anda karena teh hijau membantu membersihkan kulit kepala dan cokelat hitam akan dapat menyehatkan kulit kepala kering bersama dengan banyak manfaat minyak kelapa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini