Peneliti Sebut Minum Cokelat Bisa Tingkatkan Kinerja Otak

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 612 2401692 peneliti-sebut-minum-cokelat-bisa-tingkatkan-kinerja-otak-BHB2cMySiw.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP orang pasti berusaha menjadi lebih pintar, karenanya mereka pun akan belajar dengan membaca, mencoba aktivitas baru, dan berlatih. Tapi bukan hanya aktivitas fisik yang harus dilakukan tapi juga asupan yang memadai untuk otak kita.

Asupan yang baik juga penting agar otak kita dapat berkembang dan menerima apa yang kita pelajari. Nah, para ilmuwan telah menemukan bahwa minum cokelat panas dapat membantu Anda mempelajari konsep-konsep baru atau memecahkan masalah lebih cepat.

Dalam sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di University of Birmingham, para peneliti mengeksplorasi efek flavonoid yang ditemukan dalam kakao pada fungsi otak orang dewasa yang lebih muda dan sehat.

Penelitian dilakukan pada 18 pria berusia antara 18 dan 40 tahun. Setiap peserta menjalani prosedur yang menantang sirkulasi darah otak, di mana mereka harus menghirup 5 persen karbon dioksida.

Coklat

Konsentrasi gas tersebut 100 kali lebih banyak dari konsentrasi normal CO2 di udara. Hal ini meningkatkan konsentrasi karbondioksida dalam aliran darah, yang dalam istilah kedokteran dikenal dengan istilah hiperkapnia.

Proses tersebut dilakukan sebanyak dua kali, yaitu sebelum meminum kakao dan setelah meminum minuman tersebut. Pada kedua waktu tersebut, para peserta diminta untuk mengambil beberapa tes kognitif, yang berkembang menjadi kompleks.

Akhirnya, ditemukan bahwa orang yang meminum, minuman yang dibuat dengan kakao alami kaya flavanol memiliki tingkat oksigenasi darah tertinggi sebagai respons terhadap hiperkapnia.

Tingkat oksigenasi darah mencapai tiga kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang minum minuman kakao yang sudah diproses dan mengandung alkali. Akhirnya, para peserta juga menyelesaikan tugas kognitif kompleks rata-rata 11 persen lebih cepat.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini