Pusing Anak Malas Belajar, Ini 6 Cara Membantu Anak Gemar Membaca

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 17:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 612 2401718 pusing-anak-malas-belajar-ini-6-cara-membantu-anak-gemar-membaca-PLTDD7yl2v.jpg Anak membaca (Foto: Lifehack)

Anak-anak sering malas belajar. Salah satu cara belajar adalah dengan membaca. Namun mereka kerap malas sehingga orangtua juga pusing.

Oleh karena itu orangtua harus mendorong dan membantu anak agar gemar membaca sejak dini. Dikutip dari Understood, berikut cara untuk membantu anak gemar membaca sehingga ia akan terbiasa membaca dan belajar.

 membaca

1. Jadikan membaca sebagai kebiasaan sehari-hari

Sejak bayi Anda dilahirkan, Anda bisa mulai membesarkan seorang pembaca. Bayi merespons ritme menenangkan dari pembacaan suara dengan keras, serta dipeluk di pangkuan yang hangat. Jika anda menjadikan membaca sebagai bagian dari rutinitas harian, anak Anda akan tumbuh dengan kebiasaan itu.

2. Bacalah di depan anak Anda

Apakah anda menyukai buku, majalah, atau novel grafis, biarkan anak anda melihat anda membaca. Anak-anak belajar dari apa yang mereka amati. Jika anda bersemangat membaca, anak anda kemungkinan besar akan menangkap antusiasme anda.

3. Ciptakan ruang baca

Ruang baca anda tidak harus besar atau memiliki banyak rak buku. Ini bisa berupa sudut sofa atau kursi di kamar tempat anak anda tidur. Pilih tempat nyaman yang memiliki cukup cahaya dan ruang untuk menyimpan satu atau dua buku dapat membantu anak Anda menghubungkan kegiatan membaca dengan kesenangan dan kenyamanan.

4. Lakukan perjalanan ke perpustakaan

Perpustakaan adalah tempat yang tepat untuk menjelajahi buku dan penulis baru secara gratis. Banyak perpustakaan memiliki jam cerita atau program pengembangan literasi lainnya untuk anak-anak. Perjalanan ke perpustakaan memberi anak anda kesempatan untuk mengembangkan kebiasaan membaca yang baik dan melihat anak-anak lain melakukan hal yang sama.

5. Biarkan anak anda memilih apa yang akan dibaca

Perjalanan ke perpustakaan itu bisa menjadi sangat istimewa ketika anda memberi anak anda waktu untuk melihat-lihat dan menjelajah. Anak-anak lebih cenderung ingin membaca sesuatu yang mereka pilih sendiri. Jika anda khawatir tentang menemukan tingkat atau topik membaca yang tepat, berikan anak untuk memilih buku-buku yang sudah Anda sortir.

6. Baca kembali buku favorit

Anda mungkin bosan membaca cerita yang sama berulang kali, tetapi anak anda mungkin menyukainya. Anak-anak suka melihat hal-hal yang mereka lewatkan pertama kali dalam cerita atau gambar. Membaca ulang juga memberi mereka kesempatan untuk menghubungkan kata-kata yang mereka lihat di halaman dengan kata-kata yang mereka dengar.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini