Dari Naik Lift hingga Kurang Olahraga, Ini 4 Kebiasaan yang Sebabkan Flu

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 612 2401743 dari-naik-lift-hingga-kurang-olahraga-ini-4-kebiasaan-yang-sebabkan-flu-8dLiItU35D.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAAT Pandemi Covid-19 seperti ini, flu memang membuat kekhawatiran lantaran memiliki gejalanya seperti batuk, bersin, sakit tenggorokan, atau sakit kepala.

Meskipun sudah menjadi penyakit yang lama ditemukan, tapi sampai saat ini belum ada obat flu yang benar-benar ampuh.

Bisa berupa perubahan cuaca, makanan yang tidak dimasak, makan di tempat yang tidak higienis, kontak fisik dengan orang yang terinfeksi, polusi, flu, serta kebiasaan lainnya. Melansir Times of India, berikut adalah 4 kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko tertularnya flu.

Pilek

Naik Lift

Elevator atau lift memungkinkan kita untuk mencapai tujuan lebih cepat dengan nyaman, tetapi ini memiliki beberapa kelemahan. Selalu menggunakan lift dapat membuat Anda malas dan berdampak pada kesehatan fisik karena kurangnya pergerakan.

Alasan lainnya, tombol lift banyak tersentuh tangan yang terinfeksi. Ini dapat meningkatkan risiko transfer patogen ke tangan Anda, dan kemudian ke tubuh Anda. Lift juga meningkatkan kemungkinan infeksi karena ruangan tertutup.

Kaki dingin

Ada sebuah cerita legenda mengatakan bahwa kaki dingin atau dinginnya permukaan tubuh dapat meningkatkan risiko terserang flu. Pasalnya, jika suhu kaki menurun, suhu tubuh juga mulai menurun sehingga membuat tubuh mudah terserang patogen penyebab dingin.

Itulah mengapa disarankan untuk memakai kaus kaki dan menjaga kaki tetap hangat selama musim dingin.

Kurang olahraga

Olahraga tidak hanya membantu menjaga lingkar pinggang, tetapi juga meningkatkan kekebalan dan fungsi tubuh lainnya. Ini membantu mencegah flu sampai batas tertentu.

Bahkan melakukan olahraga sederhana atau berjalan kaki dapat meningkatkan fungsi sel darah putih yang membantu melawan infeksi atau zat asing lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Ini dapat mencegah kita dari sakit.

Tidak menjaga kebersihan tangan

Menjaga kebersihan tangan adalah aturan dasar untuk menjaga kesehatan. Ini dapat mengurangi penggandaan mikroorganisme dan mengurangi risiko infeksi.

Menurut CDC, tangan harus dibersihkan dengan benar dengan sabun dan air atau pembersih tangan berbasis alkohol sebelum makan, setelah menggunakan toilet, atau kapan pun tangan terlihat kotor.

Ini karena kita menyentuh mulut dan hidung dengan tangan beberapa kali sehari, yang memungkinkan patogen masuk langsung ke dalam tubuh kita melalui selaput lendir ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini