Novita Condro Anggap Kapten Vincent Raditya Gaslighting, Apa Itu?

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 19:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 612 2401765 novita-condro-anggap-kapten-vincent-raditya-gaslighting-apa-itu-wb9zyuG4YY.jpg Novita Condro istri Kapten Vincent Raditya (Foto : Instagram/@novitacondro)

Novita Condro, istri Kapten Vincent Raditya ini mengunggah tentang gaslighting. Hal tersebut merujuk kepada suaminya yang dinilai sering berbuat kasar.

Lalu apa itu gaslighting?

Dilansir dari laman Medical News Today, gaslighting adalah bentuk pelecehan psikologis di mana seseorang atau kelompok membuat seseorang mempertanyakan kewarasan, persepsi realitas, atau ingatan mereka.

gaslighting

Seseorang yang mengalami gaslighting sering kali merasa bingung, cemas, dan tidak dapat mempercayai diri sendiri.

Istilah gaslighting berasal dari drama tahun 1938 dan film Gaslight tahun 1944 , di mana seorang suami memanipulasi istrinya untuk berpikir bahwa istrinya memiliki penyakit mental dengan meredupkan lampu berbahan bakar gas dan mengatakan kepadanya bahwa dia berhalusinasi.

gaslighting

Baca Juga : 5 Gaya Novita Condro, Istri Kapten Vincent Raditya yang Dituding Selingkuh

Baca Juga : 5 Potret Cantik Novita Condro, Istri Kapten Vincent Raditya yang Dituduh Selingkuh

Gaslighting sering kali terjadi berkembang secara bertahap, sehingga sulit dideteksi oleh seseorang. Menurut National Domestic Violence Hotline , teknik-teknik yang dapat digunakan seseorang untuk mengetahui gejala tersebut meliputi;

1. Melawan

2. Selalu memotong pembicaraan

3. Sering meremehkan

4. Denial, artinya melibatkan seseorang yang berpura-pura melupakan peristiwa atau bagaimana peristiwa itu terjadi.

5. Selalu mengalihkan sesuatu.

Sebuah artikel di American Sociological Review menyatakan bahwa seseorang yang menggunakan teknik gaslighting mungkin dengan sengaja menggunakan stereotip negatif tentang jenis kelamin, ras, etnis, seksualitas, kebangsaan, atau usia seseorang untuk memanipulasinya. Misalnya, mereka mungkin memberi tahu seorang wanita bahwa orang akan berpikir dia tidak rasional atau gila jika dia mencari bantuan untuk pelecehan.

Meskipun setiap orang dapat mengalami gaslighting, hal ini sangat umum terjadi dalam hubungan intim dan dalam interaksi sosial di mana terdapat ketidakseimbangan kekuatan.

Hal ini memungkinkan, seseorang yang menerima perilaku tersebut sedang mengalami pelecehan.

Gaslighting juga dapat menyebabkan kecemasan, depresi, dan trauma psikologis, terutama jika itu merupakan bagian dari pola pelecehan yang lebih luas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini