Cegah Anak Alami Stres Selama Pandemi, Ajak Baca Buku Yuk!

Siska Permata Sari, Jurnalis · Selasa 27 April 2021 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 612 2401804 cegah-anak-alami-stres-selama-pandemi-ajak-baca-buku-yuk-CZqsjUmgku.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Pandemi Covid-19 tak hanya berdampak pada orang dewasa. Anak-anak pun ikut terdampak, salah satunya gangguan stres.

Hal tersebut diungkapkan Psikolog Anak Fathya Artha Utami. Dia mengatakan, situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang, dapat memberikan tantangan tersendiri bagi anak-anak.

Ibu Baca Buku

“Ruang gerak yang terbatas, pilihan kegiatan yang cenderung monoton, ditambah minimnya interaksi dengan teman bisa menjadi faktor anak merasakan stres,” kata Fathya seperti dikutip dari siaran pers Danone, Selasa (27/4/2021).

Baca Juga : Novita Condro Anggap Kapten Vincent Raditya Gaslighting, Apa Itu?

Dia menerangkan, stres pada anak bisa berpengaruh dengan emosi yang tidak stabil dan itu bisa terlihat dari perilaku anak yang menjadi sulit diajak bekerja sama.

Untuk mengatasi situasi tersebut, Fathya menyarankan agar anak diberikan kegiatan yang beragam dan seimbang antara kegiatan yang menggunakan gadget dengan kegiatan offline. Sebagai alternatif, anak dapat dikenalkan dengan aktivitas membaca yang menyenangkan.

“Membaca mengasah kemampuan bahasa anak untuk dapat memahami makna dibalik sebuah kata melalui konteks cerita yang dibaca. Oleh karena itu, kegiatan membaca dapat memperkaya kosakata dan meningkatkan kemampuan berbahasa anak,” jelas dia.

Selain itu, kegiatan membaca juga dapat membantu orang tua dalam mengasah imajinasi, empati, dan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah. Membaca, juga bisa menjadi sarana hiburan untuk anak sekaligus memperluas wawasannya.

“Selain untuk menstimulasi pertumbuhan anak, aktivitas membaca yang dilakukan bersama orangtua juga bisa menjadi momen indah untuk mempererat hubungan kasih sayang antara orangtua dan anak,” kata Fathya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini