Lupa Niat Puasa, Tetap Sah? Begini Penjelasan Ustadz

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 00:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 27 612 2401810 lupa-niat-puasa-tetap-sah-begini-penjelasan-ustadz-lQkn6mrShw.jpg Ilustrasi (Foto : Freepik)

Tak terasa, Ramadhan sudah memasuki pertengahan. Setiap muslim yang tidak memiliki udzur atau halangan, telah menjalankan puasa hingga pertengahan Ramadhan. Salah satu sahnya puasa adalah membaca niat lebih dulu.

Lalu bagaimana jika lupa membaca niat puasa? Apakah puasanya sah?

Sekretaris Lembaga Dakwa Khusus PP Muhammadiyah, Ustadz Faozan Amar mengatakan, pada dasarnya niat puasa tidak harus dilafalkan dengan bacaan niat. Namun niat yang dikatakan di dalam hati juga sudah cukup.

Ramadhan

Lalu bagaimana jika lupa membaca niat puasa? Apakah puasanya sah?

Ustadz Faozan bilang, jika seseorang lupa tidak membaca niat puasa, maka puasanya tidak sah. Ada kemungkinan orang itu lupa berniat puasa keesokan paginya ketika melaksanakan sahur.

"Kekeliruan yang terjadi dalam melafalkan niat puasa tak secara langsung dapat berpengaruh pada sah atau tidaknya puasa, selama terbesit dalam hati masing-masing untuk melakukan ibadah puasa pada keesokan harinya," katanya saat dihubungi MNC Portal beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Bolehkah Balita Belajar Puasa? Ini Penjelasan Dokter

Lebih lanjut, lupa akan niat puasa memang terdengar sederhana, namun dampaknya cukup fatal yaitu bisa mengakibatkan tidak sahnya ibadah puasa. Oleh karenanya agar tak terlewatkan, bisa disiasati saat malam hari atau setelah Sholat Tarawih.

"Niat berpuasa itu bisa juga di awal ketika memasuki bulan Ramadhan atau puasa sunnah, dapat dilakukan malam hari atau saat akan makan sahur. Agar tidak lupa maka ada tradisi mengucapkan niat secara bersama-sama seusai Sholat Tarawih," terangnya.

Berikut ini niat puasa sunnah Kamis, yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi taaalaa.

Artinya: "Saya niat puasa sunah hari Kamis, sunnah karena Allah Taala."

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini